KKN Mahasiswa Untag Lakukan Pelatihan Jahe Merah

by -711 Views
iklan aston

Banyuwangi  seblang.com – Dalam rangka bentuk pengabdian kepada masyarakat, mMahasiswa KKN Untag Banyuwangi Kelompok 38 melaksanakan Program Kegiatan Edukasi Penanaman Jahe Merah kepada masyarakat Desa Sukojati khususnya masyarakat Dusun Kampung Lor dengan bertempat di Balai Desa Sukojati.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk pemberdayaan perekonomian masyarakat di tengah pandemi Covid-19 dengan memanfaatkan potensi di dusunnya yang telah tersedia.

iklan aston

Pada kesempatan itu mahasiswa sejumlah saling berbagi  pengetahuan mengenai pengenalan tanaman jahe merah yang berbeda dengan jahe pada umumnya tentang bagaimana cara penanaman, cara perawatan, hingga cara untuk memasarkan kepada khalayak umum dengan sistem “Digital Marketing”.

Sehingga tanaman jahe merah yang awalnya hanya menghiasi halaman rumah warga dan konsumsi pribadi  serta terkadang hanya dibagi kepada sanak saudara dan tetangga sekitar kedepannya diharapkan tanaman jahe merah tersebut akan menghasilkan nilai ekonomis.

Kegiatan ini juga mendapat antusias animo masyarakat dan dukungan  Ketua RW. 02 dusun kampung lor, Sukar. Ke depannya dengan adanya dukungan ketua RW guna mengantisipasi  apabila terdapat kesulitan mengenai pembudidayaan jahe merah bisa secara langsung bertanya.

“Kami juga mengundang pak Sukar ketua RW. 02 sebagai pembicara karena beliau juga sudah memiliki pengalaman dalam menggeluti melakukan penanaman jahe merah sejak lama dan memanfaatkan media polybag sebagai media tanam yang diletakkan di halaman depan rumahnya,” ujarnya Lila koordinator KKN.

Ke depan diharapkan setelah kegiatan KKN masyarakat diharapkan mampu menghasilakan produk jahe merah yang baik dan berkualitas serta memiliki nilai ekonomis. Ketua RW 02 juga berterimakasih kepada mahasiswa KKN Untag telah melakukan kegiatan yang positif dan Edukatif.

“Terimakasih sebelumnya saya ucapkan, mengenai program kerja edukasi penanaman jahe merah yang telah dilakukan sangat baik dan bermanfaat bagi masyarakat. Semoga kegiatan imi terus menjadi konsistensi masyarakat,” ujar Sukar Ketua RW 2 dusun Kampung Lor, Sukojati.(noviansyah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.