Ingin Manjakan Selera dan Cicipi Aneka Masakan Ikan Segar Silahkan Datang Ke Kampoeng Mandar

by -456 Views
Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani saat meninjau stand penjualan ikan segar dalam Fish Market Kampoeng Mandar Banyuwangi
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Bupati Banyuwangi meminta seluruh nelayan seluruh masyarakat Kampung Mandar untuk mampu memenuhi dua syarat agar daerahnya menjadi tempat yang mampu memanjakan pecinta kuliner masakan laut atau seafood yaitu mampu menjaga dan memelihara kebersihan keindahan dan kesehatan lingkungan serta ramah terhadap semua pengunjung yang datang.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Ipuk Fiestiandani, Bupati Banyuwangi saat membuka Banyuwangi Art Week dan Fish Market Kampoeng Mandar di kelurahan Kampung Mandar Banyuwangi Sabtu (12/06/2021).

iklan aston

“Kami juga berharap nanti event ini juga bisa menguatkan brand Kampung Mandar yang dulunya kumuh dan tempat pembuangan sampah bisa menjadi tempat atau kawasan nelayan dan pusat kuliner seafood di Banyuwangi,”ujar Ipuk.

Menurut bupati kelahiran Magelang itu, Mandar lokasinya sangat strategis dan tidak jauh dari kota Banyuwangi. Selain itu masyarakatnya berprofesi nelayan penghasil ikan. Maka pemkab Banyuwangi berupaya menjadikan pusat kuliner seafood kalau selama ini banyak tersebar di beberapa warung makan yang ada di kota Banyuwangi.

“Kalau kita ingin tempat ini menjadi pusat kuliner seafood yang terkenal yang akan banyak dikunjungi orang yang nanti akan dipromosikan oleh pemerintah daerah maka saya ya masalah kebersihan harus dijaga karena ini poin utama,”tegasnya.

Selanjutnya bupati Ipuk berharap masyarakat Kampung Mandar bisa bertransformasi. Apabila selama ini masyarakatnya hanya sebagai nelayan dan ibu-ibunya juga hanya membantu para bapak-bapaknya untuk menjajakan ikan. Maka kedepan diharapkan mampu menghasilkan produk olahan dari hasil perikanan dan dari hasil laut.

“Di tempat ini nanti juga bisa menjadi salah satu apa tempat sentra penjualan oleh-oleh bagi wisatawan yang datang ke Banyuwangi. Nantinya para pengunjung di tempat ini tidak hanya bisa menikmati ikan bakar atau olahan dari ikan tetapi juga nanti juga bisa membeli produk-produk yang bisa dibawa pulang seperti kerupuk ikan, ikan asin, petis dan lain sebagainya,”imbuh Ipuk.

Sementara Muhammmad Lutfi, Camat Kota Banyuwangi sebelumnya menyampaikan lokasi yang digunakan untuk Fish Market Kampoeng Mandar dan Banyuwangi Art Week merupakan daerah rawa-rawa yang kumuh dan kotor.

Kemudian dengan sinergi semua SKPD yang ada di Banyuwangi dan dengan dukungan serta partisipasi aktif masyarakat akhirnya mampu ditata menjadi satu sentra kuliner yang menarik di pusat kota Banyuwangi.

Dalam masa pendemi wabah Covid 19 saat ini, di sentra kuliner ini tercatat sekitar 20 pedagang yang membuka lapak dan masing-masing mampu menjual ikan 10 kilogram per malam dan akhir pekan bisa lebih.

“Masing-masing pedagang mampu memperkerjakan sekitar 5 orang sehingga dalam kondisi yang sulit seperti saat ini pusat kuliner Mandar mampu memberikan kesempatan kerja bagi sekitar 100 warga,”jelas Lutfi.

Saat ini yang perlu dicarikan solusi ada terjadinya kepadatan dan kemacetan lalu lintas pada jam-jam tertentu di sentra kuliner Kampung Mandar sehingga perlu ada rekayasa lalu lintas dari dinas/instansi terkait.

“Rata-rata pengunjung yang datang ke tempat kuliner ini merasa puas karena ikanya segar, masakanya enak dan harganya murah. Selain itu kebersihan dan ketertiban tetap terjaga serta budaya masyarakat sudah berubah menjadi warga yang ramah terhadap pengunjung yang datang,”pungkas Lutfi.

Wartawan Nurhadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.