Pandemi Covid-19 Picu Peningkatan Angka Pengangguran Di Banyuwangi

by -452 Views
Tri Erwandi, Kepala BPS Banyuwangi
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Pandemi Covid-19 menjadi pemicu kenaikan jumlah angka pengangguran di wilayah Banyuwangi dalam satu tahun terakhir.

Menurut Kepala Badan Pusat Statistika (BPS) Banyuwangi, Tri Erwandi berdasarkan data hasil survei BPS, tingkat pengangguran di Banyuwangi saat ini menjadi 5,34 persen atau mengalami kenaikan sebanyak 1,26 persen bila dibandingkan tahun 2019 yang mencapai 4,08 persen.

iklan aston

Apabila dilihat secara angka riil, lanjutnya jumlah pengangguran pada tahun 2019 lalu sebanyak 37.054 ribu jiwa. Sementara pada tahun 2020 jumlah angka pengangguran meningkat menjadi 49.252 ribu jiwa.

“Hal ini terpengaruh oleh kondisi pandemi yang kurang lebih selama satu tahun ini cukup terasa dengan berbagai aktivitas yang ada pembatasan seperti tempat belanja, pertokoan dan lain sebagainya,” ujar Tri.

Selanjutnya dia menuturkan meskipun mengalami kenaikan, angka pengangguran di kabupaten Banyuwangi masih jauh dibawah level nasional dan dibawah Jawa Timur.”Yang jelas kita termasuk yang moderat, artinya di level nasional maupun provinsi masih dibawah nya,” tandasnya.

Lebih lanjut dia menambahkan, selain angka pengangguran, pertumbuhan ekonomi di Banyuwangi diprediksi juga mengalami penurunan. Hal tersebut disebabkan karena omzet lapangan usaha dari berbagai kegiatan ekonomi banyak yang drop akibat dampak pandemi Covid 19.

“Pertumbuhan ekonomi tidak biasa, ini masih diprediksi belum angka tetap karena masih di record. Jadi diperkirakan minus sekitar 4 persen (tahun 2020) yang apabiadibandingkan tahun kemarin (2019) cenderung naik sampai 5,55 persen,” tandasnya.

Wartawan Nurhadi

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.