Program Vaksinasi Banyuwangi Tempati Rangking Enam di Jatim

by -540 Views
Suasana Rapat Koordinasi Satgas Penanganan Covid 19 di Posko Satgas Penanganan Covid 19 Banyuwangik
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Pelaksanaan program vaksinasi Sinovac kabupaten Banyuwangi dalam data yang dirilis oleh Kementrian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia (RI) kota sempat menempati uruta 4 besar dari 38 kabupaten/kota di Jawa Timur (Jatim)  setelah kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo dan Gresik yang lebih awal menjalankan program vaksinasi.

dr Widji Lestariono, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) kabupaten Banyuwangi seusai rapat koordinasi di Posko Satgas Penanganan Covid 19 Banyuwangi  Senin (1/02/2021) mengungkapkan berdasarkan rilis terkahir dari Kemenkes RI Banyuwangi menempati urutan ke enam. Namun angka yang dirilis tersebut belum menggambarkan kondisi yang sesungguhnya karena sebagian kabupaten/kota terkendala regristrasi dalam sistem sehingga vaksinasi yang dicatat secara manual belum masuk.

iklan aston

“Registrasi yang melalui sistem ternyata banyak kendala sehingga Kemenkes memberikan instruksi yang untuk kabupaten/kota yang terkendala dengan sistem boleh dilakukan secara manual. Sehingga angka yang dirilis dari Kemenkes belum menggambarkan angka yang sebenarnya,”jelas pejabat yang disapa dr Rio tersebut.

Alumni Unair Surabaya itu menuturkan program vaksinasi di Banyuwangi saat ini mencapai sekitar 70 persen dari 6.153 orang yang teregristrasi dan teriliminasi dalam tahap awal. Adapun penjelasan tereliminasi seperti yang tertera di dalam kolom rilis ada “tunda vaksin “, karena ketika ditensi kurang 140 / 90. Selanjutnya apabila setelah dites ulang di meja dua tensinya memenuhi syarat maka yang bersangkutan berhak mendapatkan vaksin. Sedangkan kekurangan karena dalam kolom ada kalimat “batal vaksin” karena orang tersebut pernah terkonfirmasi positif Covid 19 dan yang alergi terhadap obat sehingga tidak boleh disuntik vaksin.

dr Rio menambahkan saat ini vaksin sebanyak 5.880 untuk dosis kedua dan menutup kekurangan dosis yang pertama dengan catatan mereka yang sudah mendapatkan dosis pertama dipastikan mendapatkan dosis kedua. Karena masih ada kekurangan dijanjikan dalam waktu dekat akan segera dikirim”Saat ini vaksin dosis kedua sudah datang di Banyuwangi kamar vaksin Dinkes Banyuwangi dan akan didistribusikan kesemua fasilitas kesehatan (Faskes) yang melayani vaksinisasi di wilayah Banyuwangi pada Selasa (2/02/2021),”tutur dr Rio mengakhiri wawancara.

Wartawan : Nurhadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.