Pos Layanan Stasiun Ketapang Rata-rata Tangani 30-40 Penumpang Lakukan Rapid Tes Antigen

by -525 Views
Petugas Kesehatan sedang melayani calon penumpang yang melakukan tes rapid antigen di Pos Layanan Stasiun Ketapang Banyuwangi
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Pos layanan Rapid Tes Antigen di Stasiun Ketapang Kecamatan Kalipuro Banyuwangi dalam satu hari rata-rata melayani lebih kurang 30-40 warga masyarakat yang akan bepergian dengan menggunakan moda transportasi Kereta Api (KA) untuk jarak jauh.

Menurut Rizky Abdulrachmansyah, Petugas Kesehatan Graha Medika Jember yang menjadi mitra kerja PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (DAOP) IX Jember, untuk akhir pekan ada peningkatan jumlah calon penumpang yang melakukan Rapid Tes Antigen sampai dengan sekitar 60 orang, ketika ditemui pada hari Kamis (14/01/2021) disela-sela melayani calon penumpang.

iklan aston
debat capres

Menurut dia tidak semua KA yang memulai perjalanan dari Stasiun Ketapang mewajibkan Rapid Tes Antigen bagi calon penumpang, seperti; KA Tawangalun tujuan Malang, KA Probowangi yang mengangkut penumpang tujuan terakhir Surabaya Gubeng dan KA Pandanwangi yang melayani penumpang jurusan akhir Stasiun Jember.

“Rata-rata yang melakukan Rapid Tes Antigen adalah calon penumpang untuk jarak jauh antara lain; Madiun, Solo, Yogyakarta, Semarang, Jakarta dan kota-kota yang dilalui oleh KA jarak jauh. Sehingga terkadang mereka ada yang harus transit dulu di Malang atau Surabaya untuk melanjutkan perjalanan sampai kota tujuan,” jelasnya.

Rizky menuturkan selama pelaksanaan program Rapid Tes Antigen petugas di pos layanan Stasiun Ketapang relatif lancar dengan temuan kasus calon penumpang yang hasil tesnya positif kecil. Dari sekitar 60 masyarakat yang melakukan rapid tes antigen, pihaknya menemukan satu atau dua kasus calon penumpang yang terpaksa gagal melanjutkan perjalanan.

Apabila menemukan calon penumpang yang hasil tes antigennya positif, petugas pos layanan menempatkan yang bersagkutan di ruang khusus yang sudah disiapkan dan segera melakukan koordinasi dengan tim kesehatan PT KAI.

“Selanjutnya tim kesehatan PT KAI di stasiun Ketapang akan melakukan edukasi dan membantu pengembalian uang tiket terhadap calon penumpang yang hasil tes rapid antigenya positif termasuk memberikan pengarahan tindakan apa yang harus dilakukan untuk menangani kasus yang dialami,” imbuh Rizky.

Wartawan : Nurhadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.