Pada Musim Hujan Harga Cabai Naik Dua Kali Lipat

by -566 Views
iklan aston

Banyuwangi. Seblang.com –  Harga cabai di Kabupaten Banyuwangi, meningkat hingga lebih dari dua kali lipat dalam sebulan terakhir. Hal ini dipicu panen cabai saat musim hujan menurun jumlahnya.

Seperti apa yang diungkapkan pedagang cabai asal Wongsorejo Banyuwangi, Salimi yang mengungkapkan, harga cabai rawit naik drastis dari bulan lalu.

iklan aston

Bila terhitung pada November rata-rata harganya Rp 16.000 per kilogram, namun di awal bulan Desember mencapai Rp 36.000 per kilogram. Hal demikian juga terjadi kenaikan pada cabai merah biasa juga naik dari Rp 28.000 per kg menjadi Rp 49.000 per kg.

”Harga cabai rawit naiknya super sekali Banyak ini bukan naik harga lagi melainkan ganti harga. Harga naik jelang Natal dan Tahun Baru memang sudah biasa. Tapi anehnya, waktu Lebaran kemarin tidak naik. Sekarang mau Natal naiknya tinggi sekali,” tutur Salimi.

Kenaikkan ini juga dibenarkan oleh Farid petani cabai asal Wongsorejo yang memang menaikkan harga karena panen cabai pada musim hujan sehingga banyak cabai yang rusak akibat air hujan. Wongsorejo sendiri adalah sebagai sentral pemasok cabai di Kabupaten Banyuwangi yang berada di wilayah utara. Dari pusat kota Banyuwangi berjarak 30Km.

“Kami panen di tengah musim hujan. Hasilnya tidak terlalu baik. Banyak cabai rusak. Genangan air hujan juga memicu hama dan penyakit biasanya perkilo biaya kami Rp 15.000 kalau normal. Sekarang kami menjual ke pengepul itu kisaran Rp 25.000 sampai Rp 30.000 perkilo ,” tutur Farid.

Wartawan :Noviansyah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.