Komisi IV DPRD Banyuwangi Minta SKPD Gunakan Dana Secara Efisien dan Efektif

by -425 Views
Salimi, Ketua Komisi IV DPRD Banyuwangi
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Dalam lanjutan pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD)  Tahun Anggaran 2021 Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Banyuwangi  antara lain membahas belanja wajib atau rutin dengan SKPD. Komisi IV berharap  ada efisiensi semaksimal mungkin dan target selanjutnya adalah memanfaatkan anggaran pembangunan infrastruktur untuk membantu masyarakat dalam pemulihan ekonomi yang terdampak wabah Covid 19.

Sebagai rangkaian pembahasan RAPBD seperti pada masa sebelumnya yang diawali dengan penyampaian nota pengantar oleh bupati Banyuwangi. Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian PU Fraksi terhadap nota pengantar dan dilanjut dengan jawaban bupati atas PU Fraksi. Tahapan selanjutnya masing-masing komisi akan  menggelar rapat kerja dengan Satuan Kerja Perangkat  Daerah (SKPD) yang menjadi mitra kerja.

iklan aston

Menurut Salimi, Ketua Komisi IV DPRD Banyuwangi dalam rapat kerja pihaknya beritra dengan beberpa SKPD yang antara lain; Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Cipta Karya dan Permukiman, Dinas Pendidikan, Dinas PU Pengairan.

Dalam rapat kerja dengan mitra kerja membahas Prioritas Platfon Anggaran Sementara ( PPAS), menurut politisi PDI Perjuangan dalam masa pendemi wabah Covid 19 program pembangunan fisik harus berefek bagus dalam penanggulangan Covid 19 dan juga ketenagakerjaan.

“Dalam pelaksanaan harus memanfaatkan potensi tenaga warga lokal Banyuwangi, karena akhir-akhir ini disinyalir banyak rekanan terkait tenaga kerja tidak sedikit yang mengambil dari luar Banyuwangi seperti Jember, Situbondo dan Bondowoso,” jelas legislator asal Kecamatan Singojuruh tersebut.

Oleh karena itu dalam kondisi pandemi wabah Covid seperti saat ini Komisi IV DPRD Banyuwangi mewajibkan pemakaian tenaga kerja lokal dalam pembangunan infrastruktur, karena dalam aturan cukup jelas bahwa dalam anggaran 20% untuk tenaga kerja lokal.

”Kami berharap  supaya anggaran pembangunan bermanfaat untuk warga Banyuwangi. Sekaligus sebagai salahsatu upaya pemulihan (recovery) perekonomian masyarakat yang terpuruk  akibat pandemi wabah Covid 19 yang belum tahu kapan berakhir,” imbuh Salimi.

Lebih lanjut dia menuturkan secara umum capaian kegiatan SKPD yang menjadi mitra kerja Komisi IV pada tahun 2020 untuk bidang fisik semua berjalan seperti yang diharapkan sudah bagus dan selesai. Namun  ada beberapa proyek yang belum tuntas akan tetapi melihat progres dan pertimbangan sisa waktu yang ada pihaknya optimis pelaksanaan di lapangan akan segera tuntas.

Wartawan : Nurhadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.