Dongkrak Produktifitas Pertanian, Hippa Tirtomulyo Desa Jetis Madiun Bangun Irigasi Saluran

by -548 Views
Pembangunan irigasi
iklan aston

Madiun, seblang.com –  Himpunan Petani Pengguna Air (HIPPA) Tirtomulyo,  Desa Jetis, Kecamatan Dagangan, Madiun, Jawa Timur,  belum lama merampungkan pembangunan saluran tersier. Pembangunan yang dikerjakan secara swakelola, melibatkan tenaga kerja lokal, itu menelan dana tak kurang Rp. 195 juta bersumber dari APBN tahun 2020.

Pelaksanakan pembangunan saluran irigasi di persawahan tersebut menjadi prioritas karena sebagai kebutuhan dasar dalam rangka peningkatan perekonomian di sektor pertanian.

iklan aston

Kepala Desa Jetis Suprapto menuturkan program HIPPA ini bertujuan untuk mendongkrak produktifitas petani desa.  ”Pembangunan jaringan irigasi ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas pertanian dan menjaga ketersediaan air. Selain itu mengurangi tingkat kebocoran air agar sawah yang teraliri benar-benar tepat sasaran. Karena, dengan adanya pembangunan jaringan irigasi ini nanti akan memudahkan para petani dalam mengakses air irigasi dalam masa tanam,” ujarnya kepada Jurnalis, Kamis, (12/11/20).

Suprapto menambahkan bahwa keberadaan HIPPA Desa Jetis ini sangat bermanfaat bagi petani di desanya. “Dengan terbangunnya saluran irigasi yang baik, kendala-kendala yang dialami petani di Desa Jetis ini khususnya terkait pengairan tidak akan menjadi persoalan”, ungkapnya.

Atas terlaksananya pembangunan jaringan irigasi tersier program dari HIPPA tersebut, Suprapto menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah. Karena dengan adanya HIPPA, petani Desa Jetis sangat terbantu, pengairan lahan persawahan jadi lancar.

”Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah, karena dengan adanya HIPPA masyarakat petani merasa terbantu, dan harapannya pengairan lancar dan bisa meningkatkan hasil panen petani,” ungkapnya.

Di tempat terpisah, Mariono sebagai ketua HIPPA memaparkan, pembangunan saluran irigasi sepanjang 389 meter kanan kiri ini, dimulai tgl 28 September dan selesai 100% tanggal 10 November. Program kegiatan HIPPA Desa Jetis merupakan upaya menjaga ketersediaan pengairan irigasi untuk pertanian lahan persawahan warga desa, sekaligus sebagai sarana penunjang dalam mengelola lahan pertanian untuk dapat meningkatkan hasil produksi pertanian.

Mariono berharap, “semoga dengan adanya saluran irigasi yang baru ini, pendistribusian air untuk mengairi lahan persawahan petani bisa semakin lancar, terawat dengan baik, dan petani di Desa Jetis dapat melaksanakan usaha tani sepanjang tahun tanpa kesulitan pengairan pertanian,” tutup Mariono.

Wartawan : Anwar Wahyudi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.