Wakil Gubernur Jatim Kagumi Keindahan Biota Laut Banyuwangi

by -177 Views
Wagub didampingi pengelola Bangsring Underwater
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.com – Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak yang akrab disapa Emil Dardak mengunjungi tempat wisata Bangsring Underwater (Bunder) Kabupaten Banyuwangi. Dalam kesempatan berkunjung ke kota the Sunrise of Java, orang nomer dua di Jawa Timur itu menikmati keindahan dan keelokan salahsatudestinasi wisata di Kabupaten ujung Timur Pulau Jawa ini pada Sabtu (07/11).

Kegiatan yang dilaksanakan merupakan peninjauan dan pengecekan kesiapan sarana dan prasarana tempat wisata Rumah Apung yang berada dalam kawasan Bangsring Underwater Banyuwangi  dalam menghadapi pemulihan (recovery) pandemi covid 19 menuju era new normal.

iklan aston

Didampingi pengelola Bangsring Underwater, Ikhwan Arief, Emil melihat langsung destinasi yang juga merupakan konservasi terumbu karang itu. Selain itu, dia juga melihat perpustakaan alam dan upaya pengelola Bunder bersama warga setempat dalam melakukan perang melawan plastik, dengan menempatkan sampah plastik di sebuah tempat khusus yang berukuran besar.

Emil mengungkapkan potensi wisata Banyuwangi sangat besar. Apalagi, masyarakatnya mendukung penuh dengan membuat destinasi wisata yang edukatif. Salah satunya adalah Bangsring Underwater yang awalnya pantai biasa disulap menjadi sebuah tempat konservasi terumbu karang sekaligus menjadi destinasi edukasi bagi wisatawan.

“Tentu ini yang lain dari kabupten/kota lain. Selain pemerintahnya yang peduli dengan wisata, masyarakat dan para pelaku wisata berinovasi membuat kegiatan edukasi untuk wisata,” ujarnya.

Emil berharap semangat kelestarian yang dilakukan pemuda dan nelayan di pesisir pantai Bangsring bisa meningkatkan perekonomian warga sekitar. Dan model pengelolaan kawasan pantai tersebut bisa ditiru dan dicontoh oleh masyarakat pesisir lain di Jawa Timur khususnya dan umumnya di seluruh Indonesia.

“Bagus sekali, ekosistem laut terjaga, ini luar biasa. Jadi teman-teman tetap mencari nafkah untuk keluarganya dengan tetap menjaga keberlangsungan hidup bawah laut. Ini bisa menjadi model percontohan ramah lingkungan, keren, lautnya bersih, ikannya berkembang biak,” imbuhnya.

Dalam kesempatan Emil Dardak juga memberikan apresiasi kepada Babinsa Desa Bangsring Serka Nurhadi, yang sangat luar biasa karena mampu bersinergi dengan masyarakat setempat dengan memberikan pelayanan dan pengamanan yang baik di wisata Bangsring Under Water.

“Saya sangat mengapresiasi setinggi-tingginya kepada Babinsa Bangsring yang telah terlibat aktif dalam memberikan himbauan dan arahan kepada warga sekitar Bangsring Under Water untuk menjaga memelihara dan melestarikan ekosistem laut,” pungkasnya

Sementara Ikhwan Arief, Pengelola wisata Bangsring Underwater, mengatakan, kehadiran Wakil Gubernur Jawa Timur, di Rumah Apung Bangsring Under Water ini sebagai bentuk support dan apresiasi atas gerakan pemuda penjaga ekosistem laut dan peningkatan perekonomian nelayan di sepanjang pesisir Bangsring. “Pak Emil datang untuk melihat langsung Bangsring Under Water dan memberikan semangat kepada teman-teman nelayan disini,” jelasnya,.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain; Danramil 0825/15 Wongsorejo, para Babinsa, kelompok nelayan dan pengelola Bangsring Underwater Ikwan Arif serta Sespri Menpora  Zulfikar Resky.

Wartawan : Nurhadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.