Bapenda Banyuwangi Berupaya Maksimal untuk Penuhi Harapan DPRD

by -155 Views
Alief R. Kartiono, Kepala Bapenda Banyuwangi
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.com – Meskipun tidak mudah dalam situasi dan kondisi yang unpredictable akibat pandemi wabah Covid 19 Badan Pendapatan daerah (Bapnda) kabupaten Banyuwangi berupaya maksimal untuk memanfaatkan sekitar satu setengah bulan waktu yang ada untuk mewujudkan target Pendapatan Asli Daerah (PAD) seperti yang diharapkan oleh anggota DPRD Banyuwangi.

Menurut Alief Rachman Kartiono, Kepala Bapenda kabupaten Banyuwangi sampai dengan akhir minggu lalu pihaknya mampu merealisasikan setoran untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD) banyuwangi 68,84 % atau setara dengan Rp. 389,06 milyar dari target PAD tahun ini sekitar Rp. 565 milyar.

iklan aston

Selanjutnya dari Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan pajak pemerintah yang lain mampu menghimpun Rp. 154,4 milyar atau 76,92 persen dari target yang ditetapkan Rp. 200,78 milyar. Sedangkan retribusi dari target Rp. 69,3 milyar mampu menyumbang 52,98 % atau  senilai Rp. 36.759 milyar.

Alumni Universitas Jember itu menuturkan untuk retribusi, pihaknya terus melakukan langkah intensif dengan penangan wabah Covid 19 yang semakin membaik dan dengan adanya liburan panjang sektor pariwisata mampu memberikan kontribusi yang signifikan.

”Kami berharap setoran pajak hotel restoran dan hiburan dalam situasi yang unpredictable dengan perkembangan situasi yang terus membaik sektor pariwisata Banyuwangi memberikan kontribusi bagi PAD tahun ini,” ujarya.

Selanjutnya ia menambahkan mulai awal bulan Oktober 2020, untuk pemerintah kabupaten (Pemkab) memberlakukan kebijakan pembebasan denda bayar PBB dan pajak daerah lain. Dan Bapenda berharap peluang dan kesempatan yang diberikan digunakan dengan baik pagi penunggak pajak perorangan maupun perusahaan untuk melaksanakan kewajiban mereka.

Demikian pula terkait piutang pada Wajib Pajak (WP) selain membebaskan denda, pemerintah memberikan kebijakan relaksasi dan memberikan ruang bagi WP untuk mengurus kewajibannya.

”Yang jelas kami berupaya all out di lapangan untuk mengoptimalkan setoran PAD agar pada akhir tahun hasilnya tidak terlalu jauh dari target sehingga  neraca keuangan pemkab Banyuwangi selisihnya tidak terlalu besar seperti harapan anggota dewan,” tegas Alief dengan penuh rasa optimis.

Wartawan : Nurhadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.