Gempa Bumi Berkekuatan Magnitudo 4,3, Guncang Kecamatan Ambulu Jember

by -2106 Views
Wartawan: Nur Imatus Safitri
Editor: Herry W. Sulaksono
iklan aston

Jember, seblang.com – Gempa Magnitudo berkekuatan 4,3 Skala Richter (SR) terjadi sekitar pukul 16.12 WIB, Rabu (23/10/2024) sore.

BMKG menyatakan, guncangan gempa berpusat di 9,25 LS (Lintang Selatan) dan 114, 04 BT (Bujur Timur). Terjadi di kedalaman 23 Km berjarak 117 Km Barat Daya Jembrana, Bali.

iklan aston

Guncangan gempa itu juga dirasakan di wilayah Kabupaten Jember, tepatnya sekitar Kecamatan Ambulu.

“Tadi pas saya berbaring di kasur, terasa guncangan gempa itu. Tidak lama sih hanya sebentar. Saya kira mimpi ternyata memang ada gempa. Terjadinya hanya beberapa detik saja, sebentar kok,” ujar singkat Danru A Posko Ambulu Damkar dan Penyelamatan Kabupaten Jember saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon.

Selain itu guncangan gempa diakui dirasakan salah seorang warga bernama Nuri Artamevia (30).

“Kebetulan saya sedang duduk santai lagi berlibur sama suami. Pas duduk-duduk di Pantai Payangan (Kecamatan Ambulu) terasa ada guncangan. Lumayan kencang hanya beberapa detik,” ucap Nuri saat dikonfirmasi terpisah.

“Saya kira ada ada backhoe (alat berat) lewat, karena memang tadi kelihatan melintas. Ternyata memang gempa, setelah tadi saya lihat keterangan di HP, kemudian ada backhoe lagi lewat tidak ada getaran. Untuk guncangan ya lumayan, tapi tidak lama hanya beberapa detik,” sambungnya menjelaskan.

Terpisah, Kepala BPBD Jember Widodo Julianto menyampaikan, pihaknya masih mengumpulkan informasi dari anggota TRC BPBD Jember, yang tersebar di semua wilayah kecamatan se Jember.

Untuk guncangan gempa keterangan dari BMKG terjadi sekitar pukul 16.00 WIB.

“Informasi yang kami terima, warga merasakan di sekitar wilayah Kecamatan Ambulu. Selanjutnya kami juga masih masih mengumpulkan informasi dari wilayah kecamatan lainnya,” ujarnya.

“Untuk perkembangannya nanti akan kami amati lebih lanjut,” imbuhnya.

Widodo menghimbau kepada masyarakat untuk tidak panik.

“Kami terus melakukan pemantauan, dan kami kami himbau untuk masyarakat tidak termakan informasi hoax. Tetap terapkan kewaspadaan, jika ada informasi mengenai dampak gempa, bisa langsung konfirmasi kepada kami,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.