Ratusan Barisan Petani Nelayan Banyuwangi Minta Program Ipuk Dilanjutkan

by -1443 Views
Wartawan: Nurhadi
Editor: Herry W. Sulaksono
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Setelah sekian tahun merasakan dampak positif kepemimpinan Bupati Ipuk Fiestiandani, ratusan pengurus dan anggota Barisan Petani dan Nelayan (Baristan) bersatu mendukung dan memenangkan Pasangan Calon (Paslon) Bupati- Wakil Bupati Banyuwangi nomor urut 1, Ipuk Fiestiandani-H. Mujiono di Desa Lemahbangkulon, Kecamatan Singojuruh, Banyuwangi Jawa Timur (Jatim) pada Rabu (23/10/2024).

Acara tersebut dihadiri oleh ratusan anggota Baristan Banyuwangi dan meminta Ipuk melanjutkan program pembangunan sektor pertanian dan perikanan yang selama ini telah mereka rasakan dampaknya.

iklan aston

“Bu Ipuk punya komitmen kuat mendukung petani dan nelayan. Dibuktikan dari program-program yang selama ini digelontorkan. Kami berharap di periode berikutnya, sektor pertanian dan perikanan bisa lebih maju lagi,” ujar Wakil Ketua Baristan, M. Khoiri.

Dia menuturkan selama 3,5 tahun kepemimpinan Ipuk, sektor pertanian dan perikanan terus mengalami kemajuan. Banyak potensi yang terus digali dan ditingkatkan. Seperti  penggunaan teknologi modern, diversifikasi olahan pangan, ekspor produk pertanian dan perikanan dan lain sebagainya.

“Kami telah merasakan banyak dampak positif dari berbagai program yang Bu Ipuk gulirkan selama ini. Karena itu, program-program itu harus terus dilanjutkan,” tambah Khoiri.

Ipuk Fiestiandani menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan barisan petani dan nelayan. Dia  berkomitmen akan terus mendukung sektor pertanian dan perikanan yang menjadi tulang punggung perekonomian Banyuwangi selama ini.

“Pertanian dan perikanan telah terbukti sebagai sektor yang mampu bertahan bahkan di tengah pandemi Covid-19. Kami akan terus mendukung teknologi dan sarana yang dibutuhkan agar kesejahteraan petani dan nelayan meningkat,” ujar Ipuk.

Selama memimpin kabupaten yang ada di ujung timur Pulau Jawa ini, Ipuk berhasil menjaga ketahanan pangan dan memastikan Banyuwangi selalu surplus pangan seperti produksi padi, jagung, kedelai, dan komoditas lainnya. Ia juga mengembangkan program-program bantuan alat pertanian untuk memodernisasi pertanian.

Selain itu Ipuk juga mendorong anak muda untuk terjun ke bisnis pertanian dan subsektornya melalui program Jagoan Tani.

“Saat ini Banyuwangi sudah lebih dari mampu untuk memenuhi kebutuhan pangan lokal, bahkan memenuhi kebutuhan pangan ke luar daerah. Tak hanya itu, sektor pertanian manggis, buah naga dan jeruk kita juga sudah ekspor,” tambah Ipuk.

Begitu pula dengan sektor perikanan, banyak produk-produk hasil olahan laut dari Banyuwangi juga banyak dikirim ke mancanegara, seperti; Jepang, Amerika Serikat, China, Vietnam, Korea, dan masih banyak lagi.

“Selama ini sektor perikanan kita sudah berhasil menembus pasar ekspor. Ke depan akan terus diperkuat,” pungkas Ipuk.//////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.