Pemerintah Kota Blitar: Peran Serta Kaum Perempuan Dalam Penanggulangan Bencana Sangat Penting

by -1044 Views
Wartawan: Adip
Editor: Herry W. Sulaksono
iklan aston

Kota Blitar, seblang.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Blitar Priyo Suhartono bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Blitar meresmikan Forum Group Discussion (FGD) Peran Perempuan di dalam Penanggulangan Bencana, kegiatan diadakan di Lesehan Presiden 2 Jl. Soekarno, Sentul, Kec. Kepanjenkidul, kota Blitar, Selasa (22/11/2022).

Acara dihadiri Kepala Pelaksana BPBD kota Blitar, Ketua Dharma Wanita kota Blitar beserta anggota, ketua GOW kota Blitar beserta anggota, Organisasi Bhayangkari, Persit 511, Persit Kodim serta dari perwakilan Organisasi-organisasi Perempuan yang ada di kota Blitar.

iklan aston
debat capres

Pemerintah Kota Blitar memberikan kesempatan yang luas kepada perempuan untuk berpartisipasi dalam berbagai bidang pembangunan termasuk bidang penanggulangan bencana, ucap Sekda saat mengawali sambutannya.

“Perempuan merupakan bagian dari subjek aktif dan juga solusi dari setiap permasalahan pembangunan di kota Blitar”, ungkapnya.

Sekda juga menyampaikan, kegiatan ini adalah bagian komitmen dari Walikota Blitar yang ingin menjadikan kota Blitar sebagai kota Setara Gender, memberikan kesempatan kelompok rentan dan kaum Perempuan untuk ikut berpartisipasi.

“Peran perempuan terkait penanggulangan bencana sangat Urgen sebab memiliki kemampuan lebih dalam hal sosial”, imbuhnya.

Lebih lanjut Priyo Suhartono menjelaskan, terdapat Tiga tingkatan dalam penanggulangan bencana yakni: 1. Pra-Bencana di antaranya dengan membersihkan lingkungan sekitar sebelum terjadi bencana. 2. Tanggap Darurat, antara lain mendirikan dapur darurat, menyiapkan logistic dan assesment awal. 3. Pasca Bencana yaitu salah satunya dengan memulihkan psikologi korban dengan trauma healling.

Namun terdapat juga hambatan yang dihadapi kaum perempuan dalam berperan serta dalam penganggulangan bencana diantarannya keterbatasan bahan pokok, adannya profesi lain dan mungkin kurangnya fasilitas dilokasi bencana, pungkasnya./////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.