Teliti Dampak Negatif Pembelajaran Daring Disdik Banyuwangi Jajaki Kerjasama Dengan PT

by -625 Views
Anak-anak usia sekolah yang asyik bermain Handphone di salahsatu pojok kantor desa di Banyuwangi
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Sekitar satu tahun pandemi wabah Covid 19 melanda dunia mengakibatkan porak-porandanya semua sendi kehidupan masyarakat. Dalam masa pandemi Covid 19 di Indonesia untuk kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah menggunakan sistem pembelajaran jarak jauh atau program pembelajaran dalam jaringan (Daring).

Sebagai salah satu dampak negatif program pembelajaran daring di Kabupaten Banyuwangi isu siswa yang kecanduan game online memang ada, namun kepastian jumlah yang berdasarkan hasil riset ilmiah belum ada, karena belum ada satupun lembaga yang melakukan penelitian.

iklan aston
debat capres

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Suratno, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi menjawab pertanyaan wartawan dampak negtif pembelajaran daring bagi peserta didik atau siswa di sekolah seusai penandatangan MOU Pemkab Banyuwangi dengan Perguruan Tinggi (PT) yang ada di Banyuwangi di Pendapa Sabha Swagatha Blambangan Banyuwangi.

Menurut dia dugaan kasus yang terjadi dinilai sangat normatif, dimana anak-anak yang biasanya sebelum masa pandemi Covid 19 dulu sangat diproteksi oleh orang tua untuk tidak memegang Handphone (HP) bahkan sekolah juga banyak sekali yang melarang membawa HP ke sekolah.

“Tiba-tiba langsung dijebol telephon pintar tersebut boleh digunakan bahkan untuk sarana kegiatan belajar mengajar bukan tidak mungkin fenomena psikologis keterusan sehingga anak kecanduan HP itu juga jadi perhatian, khususnya tim Bimbingan Konseling (BK) untuk melakukan terapi, maka dari itu kami berani menekankan pembelajaran tatap muka (PTM) salah satu tujuannya mencegah fenomena pengaruh HP bagi anak didik,” jelas Suratno.

Selanjutnya untuk memastikan solusi yang tetap secara ilmihan ada rencana menjalin kerjasama dengan Perguruan Tinggi (PT) untuk mengadakan penelitian ilmiah dampak negatif sistem pembelajaran dalam jaringan (Daring) dalam masa pandemi wabah Covid 19 bagi para peserta didik atau siswa di wilayah Banyuwangi.

“Bisa diusulkan nanti untuk masuknya program penelitian perguruan tinggi berada di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), salah satunya kami usulkan bagaimana fenomena di Banyuwangi setelah ada pembelajaran dalam jaringan (PJJ) atau daring dan bagaimana cara menanggulanginya,”pungkas Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi.

Wartawan Nurhadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.