JIHNU Kabupaten Banyuwangi Gelar Pertemuan Perdana di Ponpes Mansya’ul Huda Desa Paspan

by -810 Views
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Pengurus Jam’iyah Ta’lim dan Dzikir Ismul Haq ( JIHNU) kabupaten Banyuwangi menggelar pertemuan perdana di Pondok Pesantren (Ponpes) Mansya’ul Huda desa Paspan kecamatan Glagah Banyuwangi Minggu (21/02/2021).

Hujan deras yang turun sebelum acara dimulai tidak menyurutkan semangat para Kyai untuk menghadiri undangan pertemuan perdana JIHNU yang berada dalam naungan Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) dan digelar di Ponpes asuhan KH Marfu’ Ali yang mendapat amanah sebagai ketua JIHNU Banyuwangi.

iklan aston
debat capres

Menurut KH Marfu’ Ali, Jam’iyah Ta’lim dan Dzikir Ismul Haq ( JIHNU) dibentuk murni untuk menjaga memelihara dan melestarikan atau uri-uri ajaran Ahlus sunah Waljamaah yang diajarkan oleh pendiri organisasi NU dan Ulama Nusantara.

”JIHNU ada dua bidang garapan yaitu; Divisi Majelis Dzikir dan Ta’lim yang agendanya melakukan Kajian Kitab-kitab Karangan Mbah Hasyim Asy’ari dan Ulama Nusantara Setiap Sabtu awal bulan Masehi Jam 13.00 – 15.00 dan bidang. Kemudian Divisi Tabib Thibun Nabawi NU yakni; Ijazah Kubro dan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Tabib NU yang akan digelar secara temporer atau waktunya kondisional,”jelas Kyai berkaca mata minus itu.

Selanjutnya KH Marfu’ menuturkan dalam pertemuan awal selain menjadi ajang silaturahmi dan saling mengenal antar pengurus juga menyusun rencana jadwal Kajian Kitab-kitab Karangan Mbah Hasyim Asy’ari dan Ulama Nusantara dalam beberapa bulan ke depan.

Dan sesuai dengan kesepakatan para peserta yang hadir dalam pertemuan tersebut, Jam’iyah Ta’lim dan Dzikir Ismul Haq ( JIHNU) Banyuwangi akan mengawali kegiatan pada bulan Maret 2021 di PP.Al Falah Glemore Banyuwangi. Kemudian pada bulan April dan Mei 2021 kajian akan dilaksanakan di PP. Mambaul Ulum Berasan Muncar dan di PP. Nurul Iman Blimbingsari.

Jadwal selanjutnya adalah Kajian Kitab-kitab Karangan Mbah Hasyim Asy’ari dan Ulama Nusantara pada bulan Juni PP. Miftahul Ulum kecamatan Wongsorejo dan bulan Juli 2021 di kecamatan Giri. Untuk bulan Agustus dan September akan digelar di PP Roudlotul Alfiyah Rogojampi dan PP. Mansya’ul Huda Glagah serta di PP. AL Atiq Purwoharjo bulan Oktober 2021, imbuhnya.

Sedangkan para Tokoh Muharik menurut KH Marfu’ Ali adalah ;

(1) KH. Ali Hasan Syadily, (2) KH. Mahsun SE (3) KH. Fathur Rozaq, (4) KH. Muhammad Nur Khotib, (5) KH. Abdul Kholiq, (6.) KH. Imam Sibaweh, (7) KH. Munir Mashuri, (8) KH. Wafirudin, (9) KH.Moh.Hayatul Ikhsan M.PD.I, (10) KH. Muhlis Ali dan (11) KH. Holiq.

Wartawan Nurhadi

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.