Pengamat Nilai Debat Pertama Paslon Banyuwangi Ipuk-Mujiono Unggul Karena Berbasis Data dan Program

by -8 Views
Wartawan: Nurhadi
Editor: Herry W. Sulaksono
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Pasangan Calon (Paslon) Bupati – Wakil Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani – H.  Mujiono, dinilai tampil dominan dan unggul dalam debat pertama Pasangan Calon (Paslon) Bupati – Wakil Bupati Banyuwangi yang digelar KPU di salah satu stasiun televisi swasta, di Surabaya, Minggu (27/10/2024) malam.

Pakar Kebijakan Publik Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Banyuwangi, Hary Priyanto, menyatakan paslon nomor urut 1  berhasil memanfaatkan panggung debat untuk menyampaikan program-program konkret sesuai dengan tema debat yaitu “Memajukan Daerah dan Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Banyuwangi”.

iklan aston
debat capres

“Pasangan Ipuk-Mujiono tampil dengan persiapan matang, menyampaikan visi dan misi yang jelas serta didukung data konkret. Gaya komunikasi pasangan ini kompak dan terstruktur,” ujar Hary.

Perbedaan gaya komunikasi antara kedua pasangan calon terlihat mencolok. Paslon pesaing nomor urut 2, Ali Makki- Ali Ruchi, menurut Hary, lebih banyak menyampaikan kritik tanpa memperkuatnya dengan data konkret,  jelas dan terukur.

“Pasangan Ipuk-Mujiono tampil percaya diri dengan data dan fakta nyata, sementara pasangan Ali Makki-Ali Ruchi lebih berkutat pada diplomasi politik dan kritik, namun kurang menguatkannya dengan bukti,” jelas Sekretaris Senat Untag Banyuwangi ini.

Dalam sesi pertama debat pertama, Ali Makki-Ali Ruchi mencoba membentuk narasi antitesis dengan mengungkapkan sejumlah kritik. Namun, banyak program yang dikritik justru telah terlaksana di bawah kepemimpinan Ipuk.

Menurut Hary, Ipuk-Mujiono merespons kritik tersebut dengan memaparkan capaian yang telah mereka realisasikan selama masa jabatan.

Hary melihat pendekatan Ipuk-Mujiono lebih berfokus pada realitas dan program nyata yang telah dilaksanakan. Sementara itu, Ali Makki-Ali Ruchi lebih sering menggunakan diplomasi politik tanpa rincian data sebagai pendukung.

Bahkan dia mengkritik pendekatan pasangan nomor urut 2 yang hanya mengandalkan kampanye mendengar masyarakat. “Modal mendengar saja tidak cukup untuk memahami harapan masyarakat secara menyeluruh,” ujar doktor dari Universitas Negeri Jember tersebut.

Narasi yang cenderung tendensius dari Ali Makki-Ali Ruchi, menurut Hary, tidak memberikan pendidikan politik yang positif bagi masyarakat luas.

Sepanjang debat, imbuhnya, keunggulan Ipuk-Mujiono terlihat dari kesiapan mereka dalam menyampaikan data yang nyata dan terukur. “Hal ini menunjukkan kesiapan mereka untuk terus melanjutkan pembangunan di Banyuwangi,” cetus dia.

Menurut Hary, kedua pasangan calon perlu mempertanggungjawabkan program-program mereka dengan data dan solusi konkret. Masyarakat Banyuwangi diharapkan dapat memilih berdasarkan fakta yang telah terbukti./////////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.