Pjs Bupati Jumadi Hadiri Blitar Palah Creative Festival 2024, Dukung Pengembangan Seni Budaya dan UMKM

by -10 Views
Wartawan: M Adip Raharjo
Editor: Herry W. Sulaksono
iklan aston

Blitar, seblang.com – Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Blitar, Jumadi, menghadiri acara puncak Blitar Palah Creative Festival 2024 yang berlangsung di halaman Kantor Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Blitar, Kecamatan Nglegok, pada Sabtu (26/10/2024) malam.

Dalam kesempatan ini, Jumadi memberikan apresiasi kepada semua pihak atas terselenggaranya festival yang berfokus pada pengembangan seni budaya dan sektor UMKM di Kabupaten Blitar.

iklan aston
debat capres

“Sungguh luar biasa, keren. Ini semua berkat kekompakan dan komitmen kita bersama untuk memajukan Kabupaten Blitar melalui seni budaya, sektor wisata, dan UMKM,” ucap Jumadi di hadapan para peserta dan pengunjung festival.

Festival ini juga dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, Hargiyanto, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Blitar, serta berbagai penggiat seni yang turut meramaikan acara.

Berbagai pertunjukan seni dan budaya lokal ditampilkan, seperti lomba melukis totebag bertema Cakra Palah, dialog kopi, pentas musik, jaranan, reog Bulkiyo, hingga wayang kulit. Selain itu, festival ini juga diramaikan oleh stand kopi dan food street yang dihadirkan oleh pelaku UMKM lokal.

Menurut Jumadi, festival ini mencerminkan komitmen pemerintah dalam menyediakan ruang bagi ekonomi kreatif. Ia berharap acara seperti ini dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan menjadi agenda tahunan yang dinantikan masyarakat.

“Kegiatan ini merupakan bukti bahwa pemerintah hadir untuk memberikan ruang kreatif bagi pelaku ekonomi kreatif, khususnya dalam sub sektor kriya dan para pelajar,” ujar Jumadi.

Ia juga menegaskan, upaya branding yang kuat sangat penting agar festival ini dikenal lebih luas. “Saya minta branding kegiatan harus massif supaya khalayak mengetahuinya,” tambahnya.

Di tengah era digital yang pesat, Jumadi juga mendorong masyarakat untuk memanfaatkan teknologi dalam mempromosikan potensi daerah. Dirinya mengingatkan bahwa digitalisasi bisa menjadi tantangan sekaligus peluang untuk mempertahankan kearifan lokal agar tidak tergerus oleh budaya asing.

Blitar Palah Creative Festival 2024 diharapkan dapat menjadi acara yang menginspirasi masyarakat dalam mempertahankan seni budaya tradisional sekaligus mendukung sektor UMKM untuk terus berkembang dan bersaing di pasar yang lebih luas.

Usai memberikan sambutan, Pjs Bupati Blitar, Jumadi menyerahkan fandel penghargaan kepada juara lomba melukis totebag tingkat SMP yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata. (adv/kmf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.