Ratusan Mahasiswa di Jember Dapat Edukasi Pembuatan Curriculum Vitae dan Portofolio

by -116 Views
Wartawan: Nur Imatus Safitri
Editor: Herry W. Sulaksono
iklan aston

Jember, seblang.com – Ngalup Collaborative Network (Ngalup.co), memberikan eduksi terkait digitalisasi talent development, kepada mahasiswa Politeknik Negeri Jember.

Hal tersebut bertujuan untuk memberikan wawasan dan keterampilan mahasiswa terkait pembuatan Curriculum Vitae (CV) Portofolio digital.

iklan aston

CEO Ngalup.co Andina Paramitha menyampaikan, digitalisasi dalam talent development menjadi semakin penting di era saat ini. Karena, keterampilan digital menjadi kebutuhan utama untuk menghadapi dinamika dunia kerja.

Termasuk juga tips dan trik untuk mempersiapkan karier, wawancara, hingga membuat CV maupun Portofolio yang berkualitas.

“Pengembangan talenta melalui pendekatan digital memungkinkan akses yang lebih luas terhadap sumber daya pendidikan, alat pembelajaran, dan jejaring profesional. Sehingga talenta yang dihasilkan lebih siap menghadapi tantangan industri,” ucap Andina Paramitha saat dikonfirmasi sejumlah wartawan, Rabu (23/10/2024).

Menurutnya, salah satu aspek penting dalam digitalisasi adalah membangun portofolio digital melalui website. Pasalnya, hal itu tidak hanya menjadi sarana untuk menunjukkan keahlian dan pencapaian seseorang, tapi juga sebagai alat promosi diri yang dapat diakses kapan saja.

“Dalam dunia kerja yang semakin kompetitif, memiliki portofolio digital melalui website dapat meningkatkan kredibilitas dan memperluas peluang karir secara signifikan,” ujarnya.

Sehingga CV dan Portofolio digital, hal yang fundamental bagi mahasiswa agar mempersiapkan perjalanan karir untuk dunia kerja nantinya.

“Tentunya hal ini menunjukkan bahwa digitalisasi tidak hanya tentang mempelajari teknologi. Tapi juga bagaimana menampilkan dan membagikan hasil dari proses pengembangan talenta kepada dunia,” ungkapnya.

“Dalam pembuatan CV maupun Portofolio, wajib highlight soft skills dan hard skills yang seimbang. Perusahaan tidak hanya mencari keahlian teknis, tetapi juga keterampilan interpersonal seperti kepemimpinan, komunikasi, dan manajemen waktu,” sambungnya menjelaskan.

Untuk membuat CV yang efektif, selain mencantumkan identitas dasar, penting juga menonjolkan beberapa elemen kunci yang dapat menarik perhatian perekrut.

“Seperti CV objective atau CV summary menjadi pembuka yang menggambarkan tujuan karir atau ringkasan profil secara singkat namun padat. Serta, pengalaman kerja yang relevan, penghargaan yang pernah diraih, dan prestasi lainnya harus dijelaskan secara detail,” paparnya.

“Apalagi CV juga perlu dioptimalkan agar ATS (Applicant Tracking System) friendly. Sehingga dapat lolos dari sistem penyaringan otomatis yang banyak digunakan oleh perusahaan,” imbuhnya.

Sedangkan Portofolio, kata Andina Paramitha, berfungsi sebagai ruang untuk menunjukkan hasil karya atau kinerja secara mendetail.

“Ini adalah kesempatan untuk mempresentasikan pencapaian nyata melalui proyek atau pekerjaan sebelumnya, yang dapat dilihat dan dinilai secara langsung oleh perekrut. Portofolio digital yang baik menampilkan contoh nyata keahlian seseorang, baik berupa desain, tulisan, atau proyek lainnya yang relevan dengan posisi yang diincar,” jelasnya

“Dalam dunia kerja yang semakin kompetitif, CV yang menonjolkan tujuan, pengalaman, dan pencapaian serta dioptimalkan untuk ATS. Aplagi ditambah portofolio yang menunjukkan hasil karya, adalah kunci untuk menarik perhatian perekrut dan sukses dalam proses seleksi,” sambungnya.

Lebih lanjut, Andina Paramitha mengatakan, sister company Ngalup.co, Jagoan Hosting berkomitmen untuk memberikan domain gratis bagi para mahasiswa.

“Untuk kali ini di Politeknik Negeri Jember. Tujuannya, agar mahasiswa bisa membuat website dan membangun personal branding, menampilkan portofolio digital, serta berbagi hasil karya dan proyek-proyek yang mereka kerjakan,” ungkapnya.

“Hal ini merupakan bentuk komitmen kami sebagai Hero Digitalisasi Sekolah. Kami mendukung penuh infrastruktur domain bagi mahasiswa sebagai sarana belajar. Sekaligus, memberikan pemahaman bagi mahasiswa untuk membentuk pondasi digital yang kuat dalam membangun website pribadi, portofolio, dan proyek-proyek digital mereka,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.