Ziarah Doa dan Makan Bareng Santri Cara Cabup Banyuwangi Gus Makki Memperingati Hari Santri 2024

by -52 Views
Wartawan: Nurhadi
Editor: Herry W. Sulaksono
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Calon Bupati Banyuwangi nomor 2, KH. M. Ali Makki atau Gus Makki, menggelar peringatan Hari Santri 2024 dengan menggelar pertemuan dengan para Gawagis (putra-putra kiai) dari berbagai pesantren di Banyuwangi dan dilanjutkan makan ancak bareng santri.

Acara yang berlangsung di markas “Kun Fayakun” Queen Al-Azhar, Dusun Tugung, Desa/ Kecamatan Sempu Banyuwangi ini menjadi ajang silaturahmi dan diskusi terkait peran santri dalam pembangunan daerah digelar pada Selasa (22/10/2024).

iklan aston

Menurut Gus Makki, dalam momentum Hari Santri 2024 kali ini dirinya hanya ingin sowan dan ziarah ke makam Almarhum KH. Abbas Hasan pendiri Pondok Pesantren (Ponpes) Al- Azhar Sempu.

Dia menuturkan, KH. Abbas Hasan merupakan salah seorang santri langsung Syaikhona Muhammad Kholil Bangkalan yang menjadi maha guru dari Kiai-kiai di pondok pesantren. “Di hari santri ini sanya sengaja sowan kepada masyayikh, para Gus-Gus, sekaligus ijin dan pamit ke makam KH. Abbas Hasan,” jelasnya..

Gus Makki menambahkan, para Gawagis memiliki peran strategis sebagai penerus perjuangan para ulama dalam menjaga moral dan nilai-nilai keagamaan di masyarakat.

“Kami ingin para santri tidak hanya kuat dalam ilmu agama, tetapi juga turut andil dalam membangun Banyuwangi yang lebih baik,” ujar Gus Makki.

Dalam kesempatan tersebut Pasangan Ali-Ali juga meminta doa restu kepada para Gawagis, santri dan alumni serta para peserta yang hadir dalam acara tersebut. “Dalam forum ini saya pamit maju jadi Bupati. Mohon doa restunya,” jelas Gus Makki.

Sementara itu, perwakilan Gawagis, Gus Yakub, putra dari KH Asnawi, pengasuh Ponpes Al-Azhar, sekaligus cucu almarhum KH. Abbas Hasan menyampaikan aspirasi dan harapan agar ke depan perhatian terhadap pesantren semakin ditingkatkan.

“Kita sama-sama santri, tetap akan memperjuangkan santri. Karena santri itu multi fungsi, ilmiah dan amaliah. Dimana-mana bisa bertempat,” ungkap Gus Yaqub.

Harapan ke depan, imbuh Gus Yakub santri yang sedang menuntut ilmu di pondok-pondok pesantren bisa tambah rukun lagi. “Santri bangun pagi langsunglah mandi. Pakailah sabun agar mewangi. Gus Makki memang ganteng sekali, sangatlah pantas jadi Bupati Banyuwangi,” tutup Gus Yakub dengan pantun.

Pertemuan yang berlangsung hangat diakhiri dengan ziarah dan doa di makam KH. Abbas Hasan untuk keberkahan Banyuwangi dan kesuksesan bagi para santri yang menjadi garda terdepan dalam membangun akhlak dan moral generasi muda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.