Diduga Limbah Aliri Irigasi Sawah dan Sungai, Warga Sambisirah Pasuruan Ngeluruk Pabrik Satoria Aneka Industri

by -811 Views
Wartawan: M Bahrul
Editor: Herry W. Sulaksono
Sejumlah warga saat mendatangi depan Pabrik Satoria Aneka Industri
iklan aston

Pasuruan, seblang.com-Sejumlah warga Dusun Tumpuk, Desa Sambisirah, Kecamatan Wonorejo, Kabupaten Pasuruan, beramai-ramai mendatangi Pabrik Satoria Aneka Industri di Jalan Raya Kejayan-Purwosari KM. 16, Sambisirah Selatan.

Aksi warga itu, dipicu lantaran diduga limbah dari Pabrik Satoria Aneka Industri mengalir ke arah irigasi sungai yang berdeketan dengan sawah serta memasuki area sungai kecil di dekat rumah warga.

iklan aston
debat capres

Andik warga setempat menjelaskan, kemarin mendapat laporan dari warga Dusun Tumpuk, Desa Sambisirah. Bahwa dialiran irigasi sawah itu airnya berwarna coklat kemerahan.

“Setelah itu, saya bersama teman-teman meninjau ke lokasi. Apakah benar apa tidak, saat saya tiba di 9lokasi dan saya lihat betul airnya berwarna coklat kemerahan,” ucap Andik kepada Seblang.com, Jumat (24/06/22).

Andik menuturkan, ia meninjau ke lokasi itu pada Kamis (23/06/22) kemarin sore sekitar pukul 16.00 WIB, dan air berwarna coklat kemerahan itu berasal dari pabrik.

“Saat kita telusuri, air berwarna coklat kemerahan itu keluar dari lubang di belakang pabrik. Saya dan temen juga ada video saat mengambilan air itu dan panas sekali,” tegasnya.

Ia menambahkan, jadi air berwarna coklat kemerahan itu, mengaliri irigasi sawah dan masuk ke sungai kecil di permukiman warga, terus mengalir ke sungai besar.

Sementara itu, Agus Sulistiyo warga mengatakan, kedatangan kami kesini ingin menunjukkan bahwa warga Sambisirah ini terdampak oleh air berwarna coklat kemerahan yang diduga limbah.

“Tidak hanya kemarin saja, kemarin-kemarin juga ada. Warga juga mempunyai etikad baik, menyampaikan secara santun, tapi kenapa sampai saat ini pun masih banyak yang diduga Limbah yang dikeluarkan,” tutur Agus.

Belum lagi hembusan udara yang berbau tidak sedap, semua warga yang berada disekitaran pasti merasakan aroma tidak sedap, “Warga yang berada disekitar banyak yang mengeluh seperti itu,” ungkapnya.

Ditempat sama, Salah Satu Pekerja di PT Satoria Aneka Industri enggan memberikan komentar terkait, warga beramai-ramai mendatangi halaman depan Pabrik.

“Bukan kapasitas saya memberikan pemberitahuan sih mas,” kata Salah Satu Pekerja di PT Satoria Aneka Industri./////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.