Penyuluhan PTSL di Desa Kembiritan 2021, Tahun ini Mendapatkan Kuota 2525

by -329 Views
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) adalah proses pendaftaran tanah yang belum didaftarkan di dalam suatu wilayah desa atau kelurahan. Melalui program ini, pemerintah memberikan jaminan kepastian hukum atau hak atas tanah yang dimiliki masyarakat.

Pada Tahun 2019 telah dilakukan Gelombang I, kemudian dilanjutkan program Gelombang II Tahun 2021. Hari ini Rabu (25/2/21) penyuluhan PTSL Tahun 2021 dilaksanakan di Aula Kantor Desa Kembiritan Kecamatan Genteng Banyuwangi.

iklan aston
debat capres

Acara tersebut dihadiri oleh perwakilan Pemerintah Kabupaten banyuwangi, Kepala Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) bersama tim, Kejaksaan Negeri Banyuwangi, Polresta Banyuwangi, Polsek Genteng, Koramil Genteng, Kepala Desa Kembiritan, Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan staf Desa kembiritan

Dalam pengantarnya, perwakilan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi menyampaikan bahwa pengurusan sertifikat merupakan hak warga, sehingga diharapkan masyarakat dapat memanfaatkannya dengan baik.

Untuk Desa kembiriritan tahun 2021 mendapatkan jatah kuota sebanyak 2525 Sertifikat  dari Badan pertanahan nasional

“Alhamdulilah Desa Kembiritan program PTSL tahun 2019 mendapatka kuota sebanyak 5056 pemohon, dan sudah rampung hampir 100 persen pemohon dan masih tersisa di kantor BPN 200 sertifikat yang belum terbagikan. Hari ini Desa Kembiritan tahun 2021 mendapatkan kuota sebanyak 2525 sertifikat dan nantinya akan kami ajukan ke pihak pertanahan,”ucap Kepala Desa Kembiritan Sukamto.

Sertifikat tanah memiliki fungsi surat fungsi tanda bukti yang berlaku sebagai alat pembuktian kuat mengenai data fisik dan data yuridis.

“Besar harapan ditahun 2021 program PTSL desa kembiritan menjalankan amanat sesuai dengan  SKB 3 Menteri Nomor 25 Tahun 2017 menyatakan bahwa biaya yang dikeluarkan oleh masyarakat dalam rangka pelaksanaan persiapan pendaftaran tanah sistematis, seperti kegiatan penyiapan dokumen, kegiatan pengadaan patok dan materai, lalu kegiatan operasional petugas kelurahan/desa,”tambahnya.

Harapan BPN bersama tim adalah masyarakat dapat ikut berperan aktif dalam menyukseskan program PTSL Gelombang II Tahun 2021, sehingga Desa kembiritan menjadi desa lengkap.

Wartawan : Hari Purnomo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.