Bangkitkan Sektor Pariwisata Banyuwangi Terus Lakukan Inovasi dan Kreatifitas

by -414 Views
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Pemerintah kabupaten (Pemkab) Banyuwangi melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) terus melakukan inovasi dan mencari terobosan dalam membangkitkan sektor pariwisata dalam masa pendemi Covid 19, salahsatunya dengan mengenalkan hybrid concept yang cara baru berwisata ke Banyuwangi di era pandemi.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) kabupaten Banyuwangi tantangan terberat dalam membangkitkan sektor pariwisata pada saat ini adalah menumbuhkan kepercayaan (Trust).”Bagaimana bisa membangun kepercayaan dunia usaha bahwa tetap bisa menghidupkan ekonomi dengan tetap mematuhi protokol kesehatan karena pilihannya ada dua, yaitu tetap buka usaha dan tutup usaha dengan bekerja dari rumah atau work from home (WFH). Pilihannya tentu adalah usaha jalan protokol kesehatan wajib dijalankan sebaik-baiknya,”tegas pejabat yang akrab disapa Bram itu.

iklan aston
debat capres

Selanjutnya dia menuturkan yang terjadi di Banyuwangi dalam bulan Maret sampai dengan Juni 2020 masyarakat tidak bisa mendapatkan apa-apa karena semua destinasi wisata tutup sehingga tidak mungkin mereka memenuhi fasiitas untuk pelaksanaan protokol kesehatan. Pemkab Banyuwangi hadir dengan memberikan bantuan alat, sosialisasi dan edukasi kepada para pelaku wisata sehingga pada akhirnya secara perlahan wisata Banyuwangi mulai tumbuh dan masyarakat disiplin dan patuh dalam melaksanakan protokol kesehatan.

Kenyataan yang ada orang yang datang dan berkunjung ke kota ujung timur Pulau Jawa merasa aman dan nyaman. Angka kunjungan wisatawan yang awalnya diprediksi turun 5 juta turun menjadi 500 orang ternyata dalam tahun 2020 jumlah kunjungan wisatawan ke destinasi wisata Banyuwangi tercatat sekitar 2,3 juta artinya lima kali lipat dari target yang direvisi, imbuh Ayah dua anak tersebut.

Kemudian untuk tahun 2021, lanjut Bram, Disbudpar Banyuwangi tidak memasang target jumlah kunjungan wisatawan yang datang karena pada prinsipnya semua tidak tahu kapan pandemi Covid 19 berakhir. Pemkab Banyuwangi terus mencari cara-cara baru untuk menumbuhkan sektor pariwisata termasuk dengan melakukan launching Banyuwangi Festival 2021 yang mengenalkan hybrid concept yang merupakan penggabungan event/atraksi secara offline dengan cara daring/virtual.

Lebih lanjut dia menambahkan konsep baru yang dikenalkan sebenarnya bukan sekedar mendorong orang untuk datang, akan tetapi mendorong orang untuk membeli produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Banyuwangi yang jumlahnya cukup banyak.”Pemkab Banyuwangi membuat satu aplikasi hybrid concept tentu dengan didorong dengan festival gaya baru dan dengan cara/konsep baru, orang meskipun tidak datang langsung mereka tetap bisa menonton secara virtual bisa terhibur dan dapat membeli produk-produk yang ditawarkan UMKM lalu dipaketkan sampai ke rumah. Ini merupakan salahsatu ikhtiar untuk mendorong ekonomi kreatif masyarakat tetap tumbuh di tengah pandemi,”jelasnya.

Harapanya, imbuh dia, meskipun berada di rumah masyarakat tetap produktif dengan bantuan kreasi pemkab Banyuwangi untuk membuka pasar baru dengan menggabungkan antara festival dan UMKM virtual sehingga orang banyak pilihan. Apalagi nanti ada bazar ada discont yang setiap festival akan digelar dengan harapan ada peningkatan omset penjualan yang membantu ekonomi masyarakat.

Dalam upaya mewujudkan program tersebut Disbudpar Banyuwangi menggandeng Asosiasi Pangan Olahan Banyuwangi (Aspoba) dan Asosiasi Kuliner, Kerajinan Kaos dan Batik Banyuwangi (AKRAB) untuk menyusun pameran virtual karena mereka yang menjadi motor penggerak. Untuk pasar yang lesu pemkab Banyuwangi berupaya membuka pasar dengan menggabungkan dengan festival yang digelar secara virtual.”Apa yang kami alami jauh berbeda dengan gelaran Banyuwangi Festival sebelumnya, tim kreatif terus belajar banyak dan bekerja keras untuk menyajikan tontonan yang mampu menyenangkan banyak pihak,”pungkas Bram mengakhiri wawancara.

Wartawan Nurhadi

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.