BMKG Imbau Masyarakat Banyuwangi Waspadai Fenomena La Nina

by -187 Views
Kantor BMKG Banyuwangi
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.com — Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau kepada warga untuk mewaspadai dampak fenomena iklim La Nina yang diprediksi akan meLanda Kabupaten Banyuwangi.

Prakirawan BMKG Banyuwangi Yustoto Windiarto, Sabtu (24/10/20) menerangkan, La Nina merupakan fase dingin di Pasifik yang berpengaruh terhadap peningkatan curah hujan di sebagian wiLayah Indonesia. Termasuk di Kabupaten Banyuwangi.

iklan aston

Ia mengatakan, fenomena La Nina dapat menyebabkan curah hujan bulanan dengan intensitas tinggi dibandingkan kondisi normal, sehingga dapat berpotensi terjadinya banjir maupun tanah longsor.

“Untuk itu kita menhimbau kepada masyarakat Banyuwangi untuk mempersiapkan diri khususnya di daerah dataran tinggi yang berpotensi terjadinya longsor. Juga daerah-daerah cekungan, karena daerah cekungan rawan terjadinya banjir. Banjir tersebut disebabkan karena luapan sungai, itu tetap harus diwaspadai,” ujarnya.

Ia juga juga menjeLaskan fotomena La Nina akan terjadi puncaknya pada. Desember 2020 hingga Maret 2021.

BMKG juga menghimbau kepada warga mengingat kondisi cuaca di Banyuwangi sudah masuk pada musim pancaroba yakni peralihan dari musim panas ke musim hujan.

“Hal yang perlu diwaspadai juga terjadinya pertumbuhan awan kumulus yang dapat mengakibatkan terjadinya hujan lebat, petir, angin kencang dan puting beliung,” tandasnya saat ditemui di Stasiun BMKG KeLas III Banyuwangi.

Wartawan : Noviansyah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.