Demo Tolak Omnibus Law di Banyuwangi Berlangsung Kondusif

by -351 Views
Massa demo di DPRD Banyuwangi
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.com – Aksi demo menolak Omnibus Law di depan Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Banyuwangi , Senin (12/10/20) berlangsung kondusif. Meski aksi tersebut sempat diwarnai pelemparan batu dan botol minuman ke arah petugas.

Aksi demo yang digelar sejak pagi ini menuntut penolakan Undang undang Omnibus Law yang telah di sahkan oleh DPR RI. Pasalnya, langkah DPR RI mengesahkan Omnibus Law yang diusulkan pemerintah pusat dianggap telah mencederai nasib para buruh.

iklan aston

Ribuan massa yang terdiri dari gabungan mahasiswa dari beberapa universitas, pelajar dan elemen masyarakat di Banyuwangi turut mendukung buruh dan terjun ke lapangan untuk menyampaikan orasi.

Ketua DPRD Banyuwangi I Made Cahyana Negara di depan massa

Saat ini pantauan seblang.com pukul 13.00 WIB, peserta aksi mulai bergerak meninggalkan lokasi demo. Mereka berangsur pulang, setelah tuntutan pendemo untuk menolak Omnibus Law ditandatangani oleh pimpinan DPRD Banyuwangi.

“Tadi kita menandatangani aspirasi dari tuntutan saudara-saudara kita, untuk  diteruskan ke pemerintah pusat. Salah satunya menolak Omnibus Law,” kata Ketua DPRD Banyuwangi I Made Cahyana Negara kepada wartawan usai menemui dan berdialog dengan ribuan peserta demonstran.

“Silahkan saja menyampaikan aspirasi karena memang dilindungi Undang-undang. Akan tetapi harus dilaksanakan dengan tertib,” tambahnya.

Tak hanya itu, penanganan secara humanis petugas keamanan dari aparat kepolisian juga turut menjadi salah satu kunci sukses menjaga kondusifitas saat berlangsungnya aksi demonstrasi tersebut.

Polwan berkerudung putih membagikan air mineral untuk peserta demo

Meski dihujani botol air mineral dan ranting pohon, petugas hanya bersiap mengantisipasi kemungkinan terburuk, tanpa membalas aksi demonstran. Beberapa polisi mencoba menenangkan situasi dengan cara persuasif. Mereka membagikan air mineral dan rokok kepada demonstran.

“Untuk pengamanan kita kerahkan 1.150 personil. Penanganan pengamananya pun kita lakukan secara humanis. Alhamdulillah berlangsung kondusif,” kata Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Arman Asmara Syarifuddin SIK.

Setelah puas menyampaikan aspirasinya, ribuan masa itupun akhirnya membubarkan diri dengan tertib.

Wartawan : Teguh Prayitno

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.