Warga di Banyuwangi Resah Pasien Positif Covid-19 Tak Diisolasi ke Rumah Sakit

by -243 Views
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.com – Warga di Kecamatan Kota Banyuwangi, mendatangi Ketua RW di lingkungan mereka tinggal, lantaran resah adanya seorang pasien positif Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri dirumah, Rabu (30/9/2020).

Warga meminta, agar warga yang telah dinyatakan positif Covid-19 tersebut, untuk dievakuasi dan menjalani isolasi di rumah sakit, bukan di rumah.

iklan aston

Mereka khawatir, pasien positif yang merupakan seorang karyawan di salah satu Rumah Sakit di Banyuwangi itu menularkan virus corona ke tetangganya, karena yang bersangkutan melakukan isolasi mandiri di rumahnya setelah dinyatakan positif Covid-19, Selasa (29/9/30) kemarin.

Yayuk, salah seorang Ketua RT setempat mengatakan, dirinya sangat mengkhawatirkan keselamatan warganya yang tinggal di sekitar rumah pasien positif tersebut.

Pasalnya, meski salah satu warganya itu telah dinyatakan positif sebagai pasien orang tanpa Gejala (OTG). Namun, yang bersangkutan dianjurkan oleh pihak medis melakukan isolasi mandiri di rumah.

Yang lebih mengkhawatirkan lagi, anggota keluarga lainya yang berkontak erat, terlihat keluar masuk rumah untuk bersosialisasi dengan warga lainnya, bahkan menerima tamu dari luar. Padahal, keluarga pasien tersebut masih belum dites swab untuk dipastikan bebas Covid-19 atau tidak.

“Jadi hal ini yang menjadi kecemasan warga. Karena mereka takut tertular juga,” kata Yayuk menjelaskan maksud kedatangannya beserta warga lainnya ke rumah Ketua RW.

Sedangkan Jamroni salah satu tokoh agama setempat mengatakan, kedatangan warga menyampaikan keluh kesahnya ke Ketua RW itu bukan bermaksud untuk mengucilkan tetangganya yang terjangkit corona. Namun mereka meminta pasien tersebut diisolasi di rumah sakit.

“Kami di sini bukan mau menyudutkan pasien. Justru kami akan mendoakan pasien agar cepat sembuh. Pasien harus diberi support agar tetap semangat. Semoga yang bersangkutan cepat sembuh,” kata Jamroni.

Sementara itu, Bambang Ketua RW setempat merespon keresahan warganya tersebut dengan memilih melakukan musyawarah bersama dengan para Ketua RT dibawahnya dan perwakilan warga lainnya.

“Kami sepakat meminta kepada Satgas Covid-19 di Banyuwangi, untuk mengisolasi pasien positif Covid-19 tersebut, untuk diisolasi di rumah sakit. Tujuannya agar yang bersangkutan mendapatkan perawatan lebih baik. Lebih penting lagi, agar warga tidak resah,” ucap Bambang.

Dengan adanya kasus positif Covid-19 itupun, warga di lingkungan tersebut akan melakukan penyemprotan disinfektan secara swadaya guna mencegah penyebaran COVID-19 di lingkungannya.

“Kita akan patungan setiap KK untuk membiayai penyemprotan disinfektan secara swadaya. Mudah-mudahan warga lainnya tidak tertular, dan yang bersangkutan segera sembuh,” pungkasnya.

Wartawan: Teguh Prayitno

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.