Desa Sidorejo Madiun Realisasikan BKK 2020 Tanggul  dan Pembuatan Gong Perdamaian

by -1393 Views
Gong Perdamaian
Girl in a jacket

Madiun,seblang.com – Guna mendorong perekonomian warga, Pemerintah Desa Sidorejo Kecamatan Saradan Kabupaten Madiun mengalokasikan dana dari Bantuan Keuangan Khusus (BKK) sebesar Rp 150jt untuk pembangunan Tanggul Penahan Tanah (TPT) dan Gong Perdamaian. Setidaknya sepanjang 185 meter dibangun di lingkungan Dusun Jomblangbetek rt 12, Desa Sidorejo.

Bono, Kepala Desa Sidorejo mengatakan, pembangunan TPT tersebut sebagai upaya untuk memperlancar transportasi warga. Sebab, lingkungan Dusun  Jomblangbetek terdapat wisata taman kali dan Gong Perdamaian sudah dikenal masyarakat.

iklan aston

Pembangunan ini sebagai upaya untuk memudahkan akses ke lokasi wisata. Sebab, Dusun Jomblangbetek memiliki potensi yang bagus sebagai desa wisata. Untuk itu, tahun ini kami tuntaskan pembangunan drainase,” terang Bono kepada jurnalis, Jumat, 25/09/2020.

Bono, Kepala Desa Sidorejo

Bono mengatakan pihaknya membangun TPT sepanjang 185 meter dan Gong Perdamaian dengan alokasi anggaran sebesar Rp 150jt dari anggaran Bantuan Keuangan Khusus (BKK) 2020. Sedangkan, pelaksanaan pembangunan diterapkan dengan program pemberdayaan masyarakat (P3MD).

“Alhamdulillah, pembangunan TPT dan Gong Perdamaian di desa wisata itu kami libatkan puluhan masyarakat sekitar. Tujuannya agar pemanfaatan anggaran tersebut tersentuh langsung ke masyarakat. Selain itu, sebagai bentuk transparansi pengelolaan keuangan desa, wisata kali ini pun tidak dipungut biaya, pengunjung hanya dikenakan parkir saja”, Imbuh Bono.

“Harapan kami sebagai pemerintah Desa Sidorejo, dengan terbangunnya TPT ini semoga akan memperlancar aktivitas warga, baik warga yang berkunjung ke lokasi wisata maupun warga yang mengangkut hasil panen sawahnya sehingga mampu mendongkrak perekonomian, khususnya warga Sidorejo. Sedangkan pembangunan Gong Perdamaian tersebut tidak lain karena Gong tersebut menjadi ikon desa Sidorejo sebagai daya tarik terhadap pengunjung wisata,” tutupnya.

Wartawan : Anwar Wahyudi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.