Sejumlah Anggota GP Ansor di Banyuwangi Dibaiat Pilih Salah Satu Pasangan Calon

by -249 Views
Sejumlah anggota Ansor di Banyuwangi dibaiat mendukung salah satu pasangan calon
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.com – Beredar luas di jejaring WhatsApp, video sejumlah anggota Gerakan Pemuda (GP) Ansor di Banyuwangi dibaiat dukung bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Ipuk – Sugirah.

Dalam video berdurasi 1 menit 16 detik, sejumlah anggota yang hadir dalam acara Rapat Kerja dan Orientasi Kader Pimpinan Anak Cabang (PAC) Rogojampi disumpah untuk memilih Ipuk – Sugirah dalam Pilkada Banyuwangi pada 9 Desember mendatang.

iklan aston

Tampak dalam video  H Nanang Nur Ahmadi Ketua MWC NU Rogojampi menuntun sejumlah anggota yang hadir untuk mengucapkan sumpahnya, dan disaksikan Ketua Pimpinan Cabang GP Ansor Banyuwangi, Sukron Makmun Hidayat, yang tak lain adalah adik ipar Ipuk Fiestiandani Azwar Anas yang kebetulan menghadiri acara tersebut.

“Saya bersaksi, demi Allah saya bersumpah. Pada tanggal 9 Desember 2020 nanti, diri saya dan keluarga saya, anak dan bapak ibu saya dan saudara saudara saya semuanya. Akan saya salurkan politik saya kepada pasangan Ipuk-Sugirah,” kata Nanang dalam video tersebut memandu sejumlah orang yang hadir.

“‘Lahaula Walakuata Illabillah’, demikian sumpah saya, semoga didengar oleh Allah dan dicatat oleh malaikat sebagai sesuatu amalan yang baik, “tutupnya.

Nanang yang dulunya pernah nyaleg DPRD Banyuwangi lewat PKB itu juga mengatakan dalam video tersebut, bahwasanya kata orang secara organisasi Ormas tidak boleh berpoliitik.

“Tetapi kita harus ambil peran dalam berpoliitik, kalau tidak diambil oleh orang lain,” ujarnya.

“Politik ini adalah kekuasaan, Hawal sudah, harus kita rebut,” katanya.

Saat dikonfirmasi seblang.com Nanang mengaku, hal tersebut ia lakukan secara spontanitas, tanpa ada rencana dan tujuan apapun.

“Secara pribadi dan spontanitas saja waktu itu. Tidak ada hal maksud lain,” dalih Nanang, Minggu (20/9/2020).

“Karena secara pribadi saya milih Ipuk Sugirah dan kebetulan ada yang dukung Ipuk-Sugirah dan Yusuf – Gus Riza. Jadi saat itu spontanitas saja, saya ingin kesaksiannya,” kata Nanang.

Lebih lanjut Nanang menjelaskan, dia tidak memaksa kepada anggota Ansor ataupun anggota NU lainnya untuk memilih seperti apa yang telah dia yakini sebagai warga negara yang memiliki hak berpolitik.

“Kita ini tidak boleh mengarahkan. Karena kita adalah Ormas dan bukan partai politik. Jadi kita kembalikan lagi ke masing-masing pribadi terkait pilihannya untuk mendukung calon Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Pimpinan Cabang GP Ansor Banyuwangi, Sukron Makmun Hidayat saat dikonfirmasi terkait video tersebut tidak mau berkomentar banyak.

“Tiba-tiba saja seperti itu, coba tanya saja ke yang nge-share itu,” kata Sukron sembari menyebut sosok yang diduga pembuat video tersebut.(guh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.