Tukang Bangunan Gagal Mencuri, Malah Terperangkap hingga Nginap di Toko Korban

by -241 Views
Terduga pelaku Mujiono
Girl in a jacket

Banyuwangi,seblang.com –  Nasib apes menimpa Mujiono (34), seorang terduga pelaku percobaan pencurian. Alih-alih berhasil gondol barang curiannya, warga Kelurahan Bulusan, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi itu, malah terperangkap tak bisa keluar dari toko yang berhasil dibobolnya.

Bahkan, pelaku yang sehari-harinya berprofesi sebagai tukang bangunan tersebut harus rela menginap bersembunyi di dalam gudang toko selama satu hari. Sebelum akhirnya tepergok dan tertangkap oleh warga, Senin (14/9) malam.

iklan aston

Kapolsek Banyuwangi AKP Ali Masduki saat dikonfirmasi seblang.com, membenarkan peristiwa tersebut. “Pelaku saat ini kita amankan untuk diproses lebih lanjut,” kata AKP Ali Masduki, Selasa (15/9/2020).

Ali menjelaskan, pelaku beraksi seorang diri, mencoba melakukan pencurian di Toko Sempurna, yang berada di Kelurahan Kampung Mandar, Banyuwangi, Minggu (13/9) malam.

“Pelaku masuk kedalam toko berlantai dua itu, dengan cara memanjat dinding yang ada di samping gang sebelah utara toko. Kemudian pelaku masuk lewat atap dengan menjebol plavon toko, menggunakan alat berupa pahat tukang,” terangnya.

Namun nahas, lanjut Ali, setelah berhasil masuk di lantai dua yang dijadikan sebagai gudang oleh pemilik toko, pelaku ini tidak bisa masuk ke lantai satu untuk melancarkan aksinya. Karena pintu terkunci dan terbuat dari besi.

“Kemudian, pelaku ini berusaha keluar dari toko tersebut, namun tidak bisa. Sehingga pelaku tidur dan sembunyi di samping rak barang,” ujarnya.

Aksi percobaan pencurian itu terungkap setelah, pemilik toko hendak mengecek jendela lantai dua pada, Senin (14/9) malam, sekitar pukul 20.00 wib.

“Korbannya ini terkejut setelah melihat ada serpihan plavon jatuh di lantai dan lubang pada plavon tersebut,”ungkapnya.

Kemudian, Korbannya itupun memanggil adik dan karyawannya untuk naik ke atas. Tak berselang lama, korban memergoki korban yang tengah bersembunyi di samping rak barang.

“Namun sayang, saat hendak ditangkap, pelaku sempat lari dan kabur turun ke lantai satu,”ujarnya.

Sehingga oleh korban, pelaku tersebut diteriaki maling. Warga sekitar toko yang mendengar teriakan korban itupun, langsung menangkap pelaku yang telah siap sedia di depan pintu toko.

“Kejadian tersebut langsung dilaporkan ke kami,” ucap Ali.

Setelah mendapatkan informasi tersebut, polisi langsung tanggap. Hingga akhirnya, pelaku langsung diamankan ke Mapolsek setempat dan lolos dari amukan massa yang sudah mengepung toko.

“Atas perbuatannya pelaku dijerat Pasal 53 ayat (1) KUHP, tentang percobaan pencurian,” pungkasnya. (guh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.