PT INKA (Persero) Serahkan Bantuan Alat Praktikum ke SMK Binaan

by -266 Views
Penyerahan bantuan secara simbolis dari PT INKA
Girl in a jacket

Banyuwangi, Seblang.com – PT INKA (Persero) menyerahkan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) kepada SMK Binaan di Banyuwangi dan Jember, Rabu  (9/9/20). Penyerahan dilakukan secara simbolis oleh Direktur Pengembangan PT INKA (Persero) Agung Sedaju kepada Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, S.Pd., S.S., M.Si.

Turut hadir Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur, I Made Cahyana Negara, S.E. dan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Banyuwangi Jawa Timur, Drs. Istu Handono, M.Pd. beserta para Kepala Sekolah SMK Binaan.

iklan aston

Bantuan tersebut antara lain berupa mesin mobil dan transmisi masing-masing 2 unit.  Di antaranya SMKN 1 Glagah, SMK Nurut Taqwa Songgon, SMK Perkapalan Kalipuro, SMKN 2 Tegalsari, SMK Muhammadiyah 6 Rogojampi, SMKN Ihya’ Umuluddin, SMKN 2 Jembe.

Kemudian 4 unit komputer pada SMK Cordova dan SMKN 2 Tegalsari, serta bakalan mobil lengkap dengan mesin dan transmisi sejumlah 4 set pada 5 SMK di Banyuwangi yang memiliki jurusan otomotif.

Direktur Pengembangan PT INKA (Persero) Agung Sedaju  mengatakan kegiatan ini juga sebagai rangkaian HUT INKA ke – 39 yang jatuh pada tanggal 29 Agustus 2020 lalu.

CSR ini sebagai salah satu keberlanjutan tujuan link and match antara dunia pendidikan dan industri. Harapannya dengan pemberdayaan serta pemanfaatan atas peralatan – peralatan  tersebut akan mengembangkan kapasitas para siswa agar dapat bersaing di dunia kerja atau menjadi enterpreneur sukses dalam bidangnya.

“Banyuwangi merupakan sebuah Kabupaten di ujung timur pulau Jawa yang berjuluk “The Sun Rise of Java” yang sebelumnya kental dengan stigma daerah yang penuh dengan hal-hal klenik / mistik, kini telah menjelma menjadi sebuah wilayah yang sangat inovatif, kreatif, dan atraktif,” katanya.

“Terbukti dari 2 kali berturut turut Kabupaten Banyuwangi berhasil menyabet penghargaan “Kabupaten Ter-inovatif” pada tahun 2018 dan 2019 dalam Innovative Government Award (IGA), serta penghargaan Anugerah Wisata Jawa timur 2019 sebagai daerah yang memiliki komitmen dan kepedulian yang tinggi dalam mengembangkan sektor wisata,” sambungnya.

Agung menambahkan , pencapaian  fantastis yang berhasil diraih oleh Banyuwangi tentunya menjadikan daerah tersebut menjadi atraktif bagi para investor. Salah satu yang tertarik untuk mengeksplorasi potensi Banyuwangi adalah TSG Global Holding, sebuah perusahaan investasi berskala global dari Amerika Serikat. Melalui perusahaan afiliasinya di Indonesia yakni PT.TSG Utama Indonesia, TSG berusaha mengembangkan potensi lain yang saat ini belum begitu dikembangkan di Banyuwangi.

“Bilamana umumnya para investor menginvestasikan dananya pada sektor pariwisata, TSG mencoba mengembangkan potensi lain yang belum banyak dilirik oleh para investor. Posisi banyuwangi yang cukup strategis, tersedianya pelabuhan petikemas, serta lahan terbuka yang masih cukup luas, menjadikan Banyuwangi menarik untuk dikembangkan sebagai kota industry,” tambah agung

Dengan adanya kerjasama antara TSG dan PT.INKA (persero) ke depannya PT.INKA (Persero) dapat meningkatkan kapasitas produksinya serta dapat lebih bersaing di kancah global, di sisi lain hal ini diharapkan menjadi embrio Kabupaten Banyuwangi tidak hanya menjadi ikon Pariwisata andalan di Jawa timur, namun juga  menjadi Kota Industri yang tangguh dan mampu menjadi salah satu pilar utama perekonomian Indonesia.(ari)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.