KPU Banyuwangi Gelar Simulasi Pendaftaran Pasangan Calon Bupati

by -199 Views
Girl in a jacket

Banyuwangi.seblang.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyuwangi menggelar simulasi pendaftaran pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati, Selasa (1/9/2020). Simulasi ini melibatkan seluruh perwakilan partai Politik.

“Hari ini kami mengundang partai Politik untuk mensosialisasikan kembali. Ini ketiga kalinya kami mensosialisasikan tentang pencalonan. Sekaligus kami lakukan simulasi supaya teman dari partai Politik mengerti apa saja yang dilakukan pada 4, 5, 6 September besok,” kata Komisioner KPU Banyuwangi Divisi Tekhnis, Ari Mustofa.

iklan aston

Dengan simulasi ini, menurut Ari Mustofa, diharapkan partai politik benar-benar memahami bagaimana proses pendaftaran pasangan calon, berkas-berkasnya seperti apa. Dalam simulasi itu juga disampaikan protokol kesehatan yang telah ditetapkan dan harus ditaati oleh partai politik dan pasangan calon saat melakukan pendaftaran.

Selain itu, KPU juga mengimbau partai politik atau gabungan partai politik serta pasangan calon agar tidak membawa massa saat pendaftaran. Hal tersebut sebagai upaya untuk mencegah penyebaran COVID-19.

“Karena biasanya pencalonan itu ada rame-ramenya dan sebagainya. Kami mengimbau, tidak melarang karena kewenangan kami hanya mengimbau partai politik untuk tidak membawa massa supaya tidak ada klaster baru penularan covid-19,” tegasnya.

Protokol kesehatan diterapkan secara ketat. Untuk protokol kesehatan, akan diterapkan sejak pasangan calon memasuki area kantor KPU Banyuwangi. Protokol kesehatan ini akan terus diterapkan secara ketat sampai proses pendaftaran selesai dan pasangan calon meninggalkan KPU.

“Masuknya harus satu persatu, kemudian pengecekan suhu tubuh, cuci tangan, atau hand asnitazer. Kemudian pengecekan suhu tubuh akan kami catat dan kami tempel pada tubuh calon,” bebernya.

KPU Banyuwangi juga membatasi orang yang bisa masuk ke ruang pendaftaran calon. Hanya Ketua dan Sekretaris partai politik pengusung dan pasangan calon yang diperbolehkan masuk ruangan pendaftaran. “Selebihnya harus menunggu di luar,” tegasnya. (guh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.