Polresta Banyuwangi Tasyakuran Memperingati Hari Jadi Polwan

by -835 Views
Hari Jadi Polisi Wanita
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.com – Hari jadi Polisi Wanita (Polwan) ke-72, Polresta Banyuwangi memperingatinya dengan menggelar tasyakuran di gedung Rupatama Wira Pratama Polresta Banyuwangi, Selasa (1/9/2020).

Meski dilaksanakan secara sederhana, syukuran yang ditandai dengan potong tumpeng tersebut berlangsung meriah. Hadir dalam acara tersebut, Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Arman Asmara Syarifuddin didampingi Ketua Bhayangkari Cabang Banyuwangi Ny. Dyah Arman Asmara Syarifuddin.

iklan aston

Kombes Pol Arman mengatakan, Polwan yang lahir pada tanggal 1 September 1948 di bukit tinggi itu, dulunya hanya beranggotakan enam orang. Mereka bernama Mariana Saanin, Nelly Pauna, Rosmalina, Dahniar, Djasmainar, dan Rosnalia.

“Mereka mengikuti Pendidikan Insptektur Polisi di SPN Bukittinggi dan menjadi ABRI perempuan pertama,” ungkapnya.

Kombes Pol Arman menceritakan, Polwan lahir bermula dari peristiwa Agresi II hingga terjadi pengungsian besar-besaran kaum perempuan dari semenanjung Malaya. Para pengungsi tersebut menolak diperiksa dan digeledah secara fisik oleh kaum pria.

Dari peristiwa ini, pemerintah Indonesia menunjuk Sekolah Polisi Negara (SPN) untuk membuka Pendidikan Inspektur Polisi bagi kaum perempuan. Melalui proses seleksi, terpilihlah enam remaja perempuan asal negeri Minang, untuk mengikuti pendidikan tersebut.

“Kasus kejahatan pada perempuan, kenakalan anak-anak dan remaja, hingga kasus serta perkelahian antar-pelajar yang meningkat, membuat Korps Polisi Wanita lebih berperan dalam eksistensinya pada Polri,” ujarnya.

“Untuk kesetaraan gender, pimpinan Polri telah membuka pintu bagi polwan untuk berkiprah lebih luas di lingkungan Polri,” imbuhnya.

Arman menambahkan, di usia Polwan yang ke-72 tahun adalah bukan umur yang muda untuk menunjukan eksistensi. Hingga saat ini polwan sudah banyak menorehkan prestasi, khususnya di Polresta Banyuwangi.

“Prestasi Polwan Polresta Banyuwangi, tak bisa terlepas dari campur tangan ketua Polwan Polresta Banyuwangi Kompol Sumilih. Untuk itu saya ucapkan terima kasih atas dedikasinya,” ujarnya.

Tantangan kedepan pun tidak akan mudah, apalagi di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini. Untuk itu, di hari Polwan ke-72 ini kita jadikan penyemangat untuk mengabdi kepada bangsa dan negara.

“Semoga polwan dapat selalu mewujudkan Kamtibmas Kondusif Masyarakat Semakin Produktif, dan Semoga Tuhan memberikan keselamatan bagi Polwan Republik Indonesia,”pungkasnya

Sebelum perayaan Syukuran Hari Jadi Polwan ke-72, Polwan Polresta Banyuwangi melaksanakan berbagai kegiatan kemanusiaan, seperti pembagian sembako, bagi-bagi masker, dan masih banyak lagi. (guh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.