Penularan Covid-19 di Klaster Ponpes Darussalam Meledak

by -192 Views
Foto : petugas sedang menyemprotkan cairan disinfektan di lingkungan Ponpes Darussalam Blokagung
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.com – Ledakan kasus positif Covid-19 terjadi dari klaster pondok pesantren (ponpes) Darussalam Blokagung, Banyuwangi. Hari ini, Sabtu (29/8), terkonfirmasi 340 kasus baru dari klaster tersebut. Disamping itu, ada 6 kasus  diluar klaster Ponpes.

Perhari ini ada 340 santri positif COVID-19 dari klaster Ponpes Darussalam, ada empat pasien suspect yang hasil uji swab-nya positif COVID-19, dan dua orang OTG,” kata dr Widji Lestariono, Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi.

iklan aston

Sehingga, total penambahan kasus positif COVID-19 di Banyuwangi mencapai 346 kasus. Dengan demikian, jumlah kumulatif kasus COVID-19 di Banyuwangi mencapai 687 kasus.

“Santri memang mendominasi kasus baru selama satu minggu terakhir. Namun, penanganan sudah kita lakukan bareng sejak awal. Kami berharap, dengan penanganan yang komprehensif dari banyak pihak ini, penularan virus Corona di sana bisa ditekan,” ujar Rio sapaan akrab dr. Widji Lestariono.

Rio mengungkapkan, ledakan kasus positif itu, merupakan hasil swab yang dilakukan secara masif di Ponpes tersebut dalam beberapa hari terakhir. Kemungkinan tambahan kasus itupun masih ada, mengingat masih ada beberapa suspect yang belum keluar hasilnya.

“Namun kembali kita tegaskan, kami sangat serius menangani kasus ini,” tegasnya

Dengan adanya klaster Ponpes tersebut, pemerintah setempat hingga pusat, serta stakeholder terkait, termasuk kepolisian dan TNI juga turun langsung dalam penanganan ini.

Selain itu, Kemenkes telah menyiapkan tim kesehatan. Tim tersebut merupakan tenaga medis yang terdiri dari dokter, perawat, epidemiologi, sanitarian, ahli gizi, dan psikolog.

“Semua fokus menangani pandemi COVID-19 di salah satu ponpes di Banyuwangi ini,” pungkasnya. (guh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.