20 Perguruan se-Banyuwangi Ikuti Festival Pencak Silat Kodim

by -560 Views
Girl in a jacket

Foto: Festival Pencak silat Kodim/0825

Banyuwangi, seblang.com – Para pesilat Banyuwangi unjuk kebolehan dalam Festival Pencak Silat yang diselenggarakan Kodim 0825 Banyuwangi, Minggu (12/7). Festival seni bela diri yang berlangsung di masa pandemi ini, diikuti kurang lebih 20 perguruan pencak silat se-Kabupaten Banyuwangi.

iklan aston

Dandim 0825 Banyuwangi Letkol Inf Yuli Eko Purwanto mengatakan, kegiatan festival pencak silat ini bukan arena pertarungan para pesilat, melainkan hanya menampilkan keindahan seni budaya dan keindahan melalui jurus-jurus pencak silat.

“Jadi tidak ada kontak fisik dalam festival pencak silat ini, karena bukan arena pertarungan. Tetapi lebih menampilkan sisi seni budaya dan keindahan dari gerakan-gerakan pencak silat,” kata Dandim 0825 Banyuwangi Letkol Inf Yuli Eko Purwanto.

Dandim menjelaskan, tujuan dari diselenggarakanya Festival Pencak silat tersebut antara lain untuk membangkitkan dan melestarikan pencak silat sebagai warisan budaya luhur asli Indonesia yang telah diakui dunia.

“Pencak silat telah ditetapkan UNESCO sebagai warisan budaya tak benda dunia asli Indonesia. Bahkan saat ini telah dipelajari berbagai negara penjuru dunia,” ujarnya.

Dandim menambahkan, festival pencak silat yang rutin digelar setiap tahunnya itu juga dijadikan arena untuk mengasah bakat dan ajang penyaluran kreatifitas,serta penyemangat jiwa muda untuk bangkit dalam berprestasi. Sekaligus dapat dijadikan momentum pembinaan mentalitas untuk generasi muda yang kreatif, inovatif, adaptif, dab terbebas dari narkoba yang dapat memberikan kontribusi positif sebagai penerus bangsa di masa mendatang.

“Biasanya setiap triwulan pertama kita gelar festival pencak silat. Namun karena adanya pandemi kita baru bisa menyelenggarakan sekarang ini,” ujarnya.

Festival ini, kata Dandim, juga dijadikan ajang silaturahmi dunia persilatan Bumi Blambangan dengan Kodim 0825  untuk menjalin komunikasi sosial secara kreatif yang sehat dan harmonis.

“Dengan adanya festival ini diharapkan juga dapat menjaring atlet – atlet pencak silat muda yang berprestasi agar dapat berlaga dan berjaya di kancah nasional maupun internasional,” harapnya.

Orang nomor satu di lingkungan Kodim 0825 Banyuwangi itupun memberikan pesan kepada para peserta yang mayoritas masih pelajar tersebut.

“Pencak silat bukan hanya sekedar untuk beladiri, namun merupakan bagian untuk jalan hidup pesilat itu sendiri. Karena pencak silat juga mengajarkan manusia untuk dapat menjalin hubungan yang baik dengan Tuhan nya, sesama manusia dan lingkungannya,” pungkasnya. (guh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.