SMKN 1 Tegalsari Terapkan Program Taruna Santri

by -1202 Views
Girl in a jacket

foto : Kegiatan di SMK Tegalsari

Banyuwangi, seblang.com – SMKN 1 Tegalsari yang beralamatkan di desa Tegalsari Kecamatan Tegal Sari Banyuwangi adalah salah satu sekolah kejuruan yang menerapkan sistem Tantri (taruna santri ) dengan budaya disiplin .

iklan aston

PPDB (penerimaan peserta didik baru)tahun ajaran 2020 SMKN 1 Tegalsari  menargetkan 504 siswa. dan semuanya ini akan bertujuan untuk mencetak siswa-siswi diri menjadi model sekolah dengan aa1. Religius. Sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain.

  1. Jujur. Perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan.
  2. Toleransi. Sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya.
  3. Disiplin. Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan.
  4. Kerja Keras. Tindakan yang menunjukkan perilaku yang dikerjakan secara sungguh-sungguh.
  5. Kreatif. Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki.
  6. Mandiri. Sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas.
  7. Demokratis. Cara berfikir, bersikap, dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain.
  8. Rasa Ingin Tahu. Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar.
  9. Semangat Kebangsaan. Cara berpikir, bertindak, dan berwawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan diri dan kelompoknya.
  10. Cinta Tanah Air. Mampu menghargai para jasa pahlawan nasional terdahulu yang sudah gugur. Sehingga dapat memahami apa yang dicita-citakan para pahlawan demi bangsa Indonesia.
  11. Menghargai Prestasi. Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, dan mengakui, serta menghormati keberhasilan orang lain.
  12. Bersahabat/Komunikatif. Tindakan yang mendorong dirinya untuk berbuat nyaman untuk orang lain. Bisa menjalin komunikasi dengan baik dan secara berkelanjutan tanpa merugikan lawan bicara.
  13. Cinta Damai. Berupaya untuk bersikap dengan mengedepankan rasa kenyamanan bagi dirinya dan orang lain.
  14. Gemar Membaca. Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya.
  15. Peduli Lingkungan. Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya, dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi.
  16. Peduli Sosial. Sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan pada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan.
  17. Tanggung Jawab. Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa.

Menurut kepala sekolah SMKN 1 Tegalsari Mulyadi menerapkan SMKN 1 Tegalsari ini berbasis pondok pesantren yang mengutamakan kedisiplinan

“Jadi nanti ditahun ajaran baru ini akan diberikan tambahan, diberi bobot yang lebih tinggi yaitu 70 persen dalam aspek pendidikan karakter,” kata mulyadi

“Untuk pembenahan, sekolah-sekolah mengacu pada sistem penggunaan sekolah yang berbasis karakter tersebut. Sementara, bagi sekolah yang akan melaksanakan program tersebut, terdapat penilaian kelayakan sekolah,” katanya.

Nilai yang pertama yaitu terkait religiusitas. Para murid hampir pasti selalu diajarkan bagaimana tentang pengertian pandangan-pandangan keagamaan di lingkungan sekolah Para bapak dan ibu guru  mengajarkan bagaimana menyikapi persoalan yang muncul di kalangan para siswa-siswi  dengan sikap yang disesuaikan dengan ajaran agama, khususnya ajaran Islam. Jadi, nilai religiusitas ini sebenarnya sudah tertanam pada diri murid sejak awal ia masuk di SMKN 1 Tegalsari.(ari)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.