Penghargaan Untuk Arifin si Perenang Kawah Ijen yang Mengambil Jenazah Kawannya

by -436 Views
Girl in a jacket

Foto: Komandan Kodim 0825 Banyuwangi Letkol Yuli Eko Purwanto memberi penghargaan kepada Arifin

Banyuwangi, seblang.com – Arifin, seorang perenang kawah Ijen yang sangat asam dan mengandung sulfur menerima penghargaan dari Kodim atas jasanya mengambil jenazah Andika, Senin (8/6). Korban Andika adalah seorang penambang belerang itu jatuh ke lubang kawah karena guncangan akibat gempa di sekitar kawah beberapa waktu lalu. Arifin adalah teman seprofesi dengan korban.

iklan aston

“Di pikiran saya itu ada memori susah hilang sama almarhum karena susah senang bersama. Saya berpikir kalau menunggu perahu yang masih dibawa belum tentu jenazah itu masih di lokasi. Bisa hilang bisa habis karena kan panas ada belerang. Habis berenang tubuh saya gatal, perih tapi tidak masalah karena jenazah kawan saya ambil, ” jelas Arifin

Apa yang dilakukan Arifin ini tergolong nekat dan membahayakan melihat kawah ijen sendiri memiliki zat beracun ditambah panasnya kawah . Hal inilah yang membuat Komandan Kodim 0825 Banyuwangi Letkol Yuli Eko Purwanto mengundangnya ke Makodim.

Sebelumnya mendengar cerita Arifin dirinya sempat binggung karena mendapat undangan di markas tentara apalagi keberangkatan dari rumahnya. Arifin didampingi oleh tentara berpakaian dinas. “Pertama saya bingung kok ada undangan tentara di markas ada apa? Saya baru pertama kali di undang dimarkas tentara,” ujarnya.

Sesampainya di Markas Kodim 0825 Arifin disambut Komandan Kodim Letkol Yuli Eko Purwanto dan Kepala Staf Kodim di ruangan Komandan Kodim. Lantas Dandim menjelaskan atas undangan Arifin di Makodim sebagai apresiasi yang tinggi atas kegigihan dan jiwa korsa Arifin berenang di kawah sulfur Gunung Ijen.

“Saya komandan kodim Yuli Eko yang mengundang bapak Arifin, ini sebagai ungkapan apresiasi kami kepada Bapak yang menolong korban tsunami Kawah Ijen,”ujar Dandim Banyuwangi.

Bukan hanya saja berbincang sembari menyeruput kopi. Dandim, Kasdim dan Arifin juga asik bercengkrama santai bahkan Dandim yang juga pernah menjadi Penyiar Radio Republik Indonesia (RRI) Entikong, mengajak Arifin Talkshow yang nantinya akan diunggah di laman Youtube Kodim 0825 Banyuwangi .

Sebagai bentuk Apresisasi Markas Komando Distrik Militer 0825 kepada Arifin. Secara langsung Dandim Yuli Eko Purwanto Memberikan Piagam Penghargaan kepada Arifin. “Bahagia , seneng gak bisa saya ungkapakan apa ya bahagia, ini baru pertama kali saya diberi piagam seperti ,saya terimakasih kepada Pak Dandim dan semuanya,” ujar Arifin dengan raut haru bahagia.

Menurut Dandim, Arifin memang patut diapresiasi kerena tidak semuanya bisa melakukan hal yang dilakukan Arifin jika tidak dilakukan hari hati yang tulus melebihi keselamatan pribadinya.

” Jujur saya terharu baca laporan Babinsa terkait pak Arifin. Jiwa korsanya luar biasa dia berenang untuk kawannya dan itu sangat bahaya. Tidak semua orang bisa.150 meter itu jauh lho dan bukan air biasa, ” tambah. (vian)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.