Nekad Pulang Kampung ke Banyuwangi, Penumpang Kapal dari Bali Akan Dikarantina

by -263 Views
Girl in a jacket

Foto : Penumpang kapal yang saat didata petugas

Banyuwangi, Seblang.com – Sejumlah penumpang kapal penyebrangan Gilimanuk-Ketapang, yang nekat pulang kampung khususnya berdomisili di Banyuwangi, mendapat pemeriksaan kesehatan cukup ketat di Pelabuhan ASDP Ketapang, Banyuwangi, Senin (04/05) sekitar Pukul 19.00 Wib.

iklan aston

Pemeriksaan itu dilakukan di pintu keluar pelabuhan ASDP Ketapang menyusul adanya instruksi Bupati dan Kapolresta Banyuwangi untuk dilakukan karantina di GOR Tawang Alun Kecamatan Giri, Banyuwangi.

Para penumpang yang turun dari kapal itu, langsung mendapat pemeriksaan kesehatan dan pendataan dari petugas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19.

Penumpang kapal saat dicek KTP oleh petugas

“Selain pemeriksaan kesehatan, para penumpang juga dilakukan pendataan untuk mengetahui tujuan para penumpang. Jika Ber KTP atau tujuan Banyuwangi akan dilakukan karantina,” Kata Ali Ruchi, Kepala Dinas Perhubungan Banyuwangi.

Hadir dalam kegiatan tersebut Henri (Camat Kalipuro), Heru (Manager operasional PT ASDP Persero Ketapang), Eka Muharam (Kepala Kedaruratan Logistik BPBD Banyuwangi), Iptu Sudarso (Kapolsek Kawasan Pelabuhan Tanjung Wangi Polresta Banyuwangi), Personil Dishub Propinsi Jatim, Personil Dinkes, Personil Tagana, Anggota Koramil 0825 Kalipuro, Personil Lantas Polresta Banyuwangi, dan Personil Polsek Kalipuro.

Dalam pemeriksaan tersebut, petugas menemukan 3 orang penumpang yang ber KTP Banyuwangi dan berdomisili di Banyuwangi, yang kemudian diantar ke GOR Tawangalun tempat karantina yang telah disediakan oleh Pemkab Banyuwangi.

“Mereka diwajibkan untuk membuat surat pernyataan dan diberi pilihan isolasi di Gor atau di desanya,” kata Ali sambil mengatakan jika kegiatan tersebut masih terus berlangsung dan diperkirakan pukul 00.00 Wib akan banyak penumpang yang bertujuan ke Banyuwangi. (Win)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.