Kapolsek Glagah Gesah Bareng Peserta PNPM

by -253 Views
Girl in a jacket

Foto: Gebyar Blambangan di wilayah Polsek Glagah Banyuwangi

Banyuwangi, seblang.com – Dalam rangka mengimplementasi Program Banyuwangi Unggul yang merupakan ide dan gagasan brilian  Kapolresta Banyuwangi, yakni Garda Blambangan, Gema Blambangan dan Gebyar Blambangan jajaran polisi polsek Glagah berupaya maksimal mengaplikasikan di lapangan.

iklan aston

Menurut Kapolsek Glagah, AKP Imron, beberapa waktu lalu pihaknya melaksanakan program Gebyar Blambangan dengan menggelar gesah bareng-bareng para ibu peserta Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) di kecamatan Glagah.

Kepada ibu ibu yang  menerima bantuan modal usaha kecil yaitu;  jualan bakso, rujak ada jualan kuliner makanan & minuman kampung,  poro bungkil  dan lain sebagainya Kapolsek menyampaikan beberapa hal.

Pertama adalah pentingnya menjaga amanat dan kepercayaan dalam membangun ekonomi tingkat kecil di desa dengan memperhatikan sisi hukum maupun keamanan ketentraman ketertiban masyarakat (kamtibmas).

“Gesah dalam suasana non formal dan penyampaian dalam bahasa yang mudah masyarakat memahami bahwa usaha usaha kecil pun perlu adanya situasi yang aman dan kondusif,”jelas Kapolsek.

AKP Imron memberikan contoh para ibu ini kadang jam 02.00 dini hari pergi ke pasar untuk belanja bahan-baham untuk diolah paginya. Kalau situasi tidak aman dan tidak mendukung maka kegiatan tersebut tidak bisa berjalan dengan aman lancar dan sukses.

“Kami sudah sepakat dengan masyarakat di kecamatan Glagah khususnya para penerima bantuan PNPM  untuk usaha kecil di tengah desa sama sama menjaga keamanan ketertiban dan  sanggup untuk mengembalikan sesuai dengan aturan yang ditetapkan,” imbuhnya.

Di luar acara temporer, setiap hari para anggota Babinkamtibmas selalu melakukan kegiatan pembinaan di dalam acara-acara  warga yang berskala kecil baik di desa/kelurahan yang menjadi tugas pembinaan polsek Glagah.

Selanjutnya Kapolsek Glagah menuturkan memasuki tahun politik dan menyongsong gelaran pemilihan Bupati-Wakil Bupati Banyuwangi tahun ini, jajaran polsek Glagah bersama Camat dan Danramil Glagah mengagendakan acara untuk bertemu dengan para Tokoh Agama (Tomas) dan Tokoh Masyarakat (Toga) serta pengurus ormas semua agama yang tumbuh dan berkembang di Glagah.

Para tokoh agama memiliki peran dan fungsi penting dalam menyampaikan pesan Kamtibmas yang diselipkan dalam acara pengajian, imbuh Perwira Polisi yang dikenal santun itu.

“Dalam waktu dekat akan meneruskan perintah Kapolresta untuk membangun komunikasi dengan semua ormas keagamaan yang tergabung dalam Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB),”jelas dia.

Kapolsek Glagah menegaskan pemilihan Bupati Banyuwangi tidak bisa berjalan dengan aman lancar dan sukses apabila situasi keamanan ketentraman dan ketertiban masyarakat tidak kondusif. Dan untuk menciptakan kondusifitas wilayah merupakan tugas dan kewajiban bersama antara aparat pemerintah bersama dengan warga masyarakat.(nur)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.