PKK Srono Gelar Lomba Menu Pemberian Makan Tambahan

by -369 Views
Girl in a jacket

Foto Puji Rahayu, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Srono (Kanan) Meninjau Salahsatu Peserta Lomba Menu PMT di Pendopo Kecamatan Srono Banyuwangi

Banyuwangi, seblang.com – Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kecamatan Srono Banyuwangi menggelar   Lomba Pemberian Makan Tambahan (PMT) Non Beras bagi anak balita yang berusia 3 tahun keatas di Pendopo Kecamatan Srono Banyuwangi Kamis (12/3).

iklan aston

Menurut Puji Rahayu, MPd., Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Srono, pihaknya menggelar lomba sebagai rangkaian peringatan Hari Kartini Tahun 2020 yang juga menggelar berbagai lomba antara lain; lomba fashion, dirijen lagu-lagu nasional dan program pokok PKK yang lain.

Ibu dua anak itu menuturkan, PKK sebagai organisasi kemasyarakatan yang memberdayakan wanita untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan Indonesia memiliki peran yang cukup strategis termasuk dalam  mengurangi angka stunting di Indonesia khususnya di wilayah Srono.

“Dengan mengikuti lomba diharapkan  akan menumbuhkembangkan kerukunan kekompakan dan kebersamaan serta memberikan pembelajaran kepada para ibu balita yang menjadi sasaran pada kegiatan di posyandu yang tersebar disemua wilayah,”jelasnya.

Selanjutnya Guru Olahraga SMK Negeri Glagah ini menuturkan pemerintah betul-betul memperhatikan pentingnya asupan gizi bagi balita makanya PKK kecamatan Srono menggelar lomba PMT untuk anak balita usia tiga tahun untuk mewujudkan anak tumbuh optimal berkualitas dan cerdas.

Selanjutnya peserta lomba adalah PKK seluruh  desa, instansi terkait dan lembaga keagamaan serta ormas  yang ada di Kecamatan Srono seperti Fatayat, Muslimat, Aisyiah dan Mar’atus Sholiha,imbuhnya.

Adapun kriteria penilaian lomba PMT, menurut Puji,  pada dasarnya adalah dengan bahan makanan non beras nilainya sekitar  Rp 100 ribu mampu mencukupi kebutuhan makan bagi sepuluh anak balita.

“Dewan juri akan melihat dan menilai kandungan gizinya sesuai standar kesehatan. Kemudian menilai kandungan karbohidrat, lemak,  protein nabati dan hewani serta jumlah vitamin dan berbagai zat lain yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan tumbuh kembangnya anak balita agar optimal,” jelasnya.(nur)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.