Banjir dan Tanah Longsor Menerjang Desa Kluncing Licin

by -428 Views
Girl in a jacket

Foto: Banjir yang melanda Desa Kluncing

Banyuwangi, Seblang.com – Hujan deras yang mengguyur sejumlah wilayah di Kabupaten Banyuwangi, Selasa (03/03/2020) sore, mengakibatkan tanah longsor di area persawahan milik H. Dar (46), tepatnya di Dusun Krajan, Desa Kluncing, Kecamatan Licin.

iklan aston

Sepanjang jalan di Dusun Karangsari, Desa Segobang, Kecamatan Licin, akhirnya lumpuh total karena air bercampur tanah memenuhi jalan raya. Musibah ini terjadi sekitar jam 17.00 WIB.

Kapolsek Licin, AKP Hery Purnomo menyampaikan, tanah longsor tersebut terjadi akibat hujan deras yang mengguyur.

“Lokasi longsor adalah sawah milik H. Dar  yang berada dipinggir jalan dengan ketinggiannya sekitar 7 meter dan panjangnya 30 meter,” ujar Kapolsek.

Akibat longsor itu, tanah dari sawah milik H. Dar menutupi jalan raya yang menuju Desa Kluncing yang disertai dengan robohnya dua pohon kelapa.

“Dua pohon kelapa terseret sejauh 50 meter sampai ke jembatan kedawung, dengan air sungai yang tertutup tanah yang mengalir ke jalan raya,” jelasnya.

Kejadian tersebut mengakibatkan jalan raya tidak bisa dilintasi, karena tanah dan akar pohon kelapa menutupi jalan.

Selanjutnya, Kapolsek Licin bersama Bhabin kamtibmas Segobang dan anggota Polsek Licin serta warga membersihkan jalan agar dapat dilintasi kendaraan.

“Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini, dan kerugian materiil diperkirakan kurang lebih sebesar 2 juta rupiah,” pungkas Kapolsek.

Dengan kejadian ini, Bhabinkamtibmas Segobang, Romadhoni Isyak memberikan himbauan kepada pemilik sawah untuk dibangun penahan tanah, karena area persawahan tersebut rawan longsor dan membahayakan pengguna jalan.(guh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.